PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY (ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI)

EULIS SITI MURNAESIH, NIM. 1420410158 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY (ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY (ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI))
1420410158_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UMY (ANALISIS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERDASARKAN TEORI ANDRAGOGI))
1420410158_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Eulis Siti Murnaesih, S.S. Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib UMY (Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Andragogi). Tesis. Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Magister Pendidikan Islam: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Pembimbing: Dr. H. Muhammad Amin, Lc., MA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran dan keberhasilan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib menurut teori andragogi. Pembelajaran berdasarkan teori andragogi adalah upaya membelajarkan orang dewasa untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan berpijak pada empat asumsi: orang dewasa memiliki konsep diri, pengalaman, orientasi belajar dan kesiapan belajar. Pembelajaran orang dewasa berbeda dengan pembelajaran anak-anak. Dalam pembelajaran orang dewasa harus banyak melibatkan dan memperhatikan kebutuhan pembelajar dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan, menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena pembelajaran bahasa Arab yang ada di ma’had Ali Bin Abi Thalib berdasarkan teori andragogi. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib tidak sepenuhnya mempraktekkan teori andragogi. Terdapat kendalakendala untuk mempraktekkan teori andragogi dalam pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib baik dari luar pembelajar atau pun dari dalam pembelajar. Untuk orang dewasa yang awam bahasa Arab sama sekali, asumsi peran pengalaman yang merupakan bagian dari teori andragogi tidak memungkinkan untuk dipraktekkan. Dengan demikian, asumsi konsep diri pun yaitu untuk selalu melibatkan pembelajar dalam segala hal, menjadi tidak mungkin. Hal ini menunjukkan pula bahwa bukan berarti Ma’had Ali Bin Abi Thalib gagal mempraktekkan teori andragogi, tetapi karena pembelajaran bahasa Arab di ma’had tersebut dengan karakteristik input-input dan proses pembelajarannya, tidak dapat dianalisis secara utuh dengan teori andragogi. Berdasarkan teori andragogi, keberhasilan pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Ali Bin Abi Thalib masih ada kekurangan. Hal ini dilihat dari indikator keberhasilannya, yaitu tercapainya kenyamanan pembelajaran dan terjadinya perubahan tingkah laku (tercapainya kemahiran berbahasa Arab). Adanya kendalakendala dipraktekkannya teori andragogi menimbulkan kekurang nyamanan dalam pembelajaran dan mengurangi tercapainya keterampilan berbahasa Arab itu sendiri. Keberhasilan keterampilan berbicara masih kurang, dibuktikan dengan belum bisa dan belum terbiasanya para pembelajar berbicara dalam bahasa Arab. Keterampilan mendengar juga masih kurang. Hal ini disebabkan karena materi dan media pembelajaran mendengar itu sendiri masih kurang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Muhammad Amin, Lc, MA
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:36
Last Modified: 04 Aug 2016 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21401

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum