INTEGRASI PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA II DAN MA UMMATAN WASATHON BANTUL)

NUJUMUN NISWAH, NIM. 1420410159 (2016) INTEGRASI PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA II DAN MA UMMATAN WASATHON BANTUL). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA II DAN MA UMMATAN WASATHON BANTUL))
1420410159_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENGARUSUTAMAAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI MAN YOGYAKARTA II DAN MA UMMATAN WASATHON BANTUL))
1420410159_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Nujumun Niswah, Integrasi Pengarusutamaan Gender dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Studi Kasus di MAN Yogyakarta II dan MA Ummatan Wasathon Bantul). Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki pembagian gender dalam sistem gramatikanya. Meski demikian dalam praktek pembelajarannya mużakkar masih diunggulkan daripada mu'anaṡ (perempuan). Lebih dari itu stereotip gender juga masih ditemukan dalam materi yang digunakan. Padahal pendidikan adalah salah satu jalan untuk menciptakan atau mewujudkan struktur sosial yang adil gender. Pendidikan harus memberikan kesempatan pada semua peserta didik untuk berkembangan sebagai manusia yang utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengarusutamaan gender dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Yogyakarta II dan MA Ummatan Wasathon Bantul. Untuk mencapai tujuan penelitian yang dirumuskan, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Data-data lapangan, yang berupa sikap dan tingkah laku, dikumpulkan melalui observasi. Selain observasi peneliti juga menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik dalam mengumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan teknik rekognisi dan pembacaan data, kategorisasi data, dan organisasi data secara kontekstual. Data-data yang telah diorganisasi kemudian dianalisis menggunakan sudut pandang gender. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, satu integrasi pengarusutamaan gender dalam perencanaan pembelajaran bahasa Arab MAN Yogyakarta II terwujud dalam rancangan metode dan kegiatan pembelajaran, sedangkan rancangan metode dan kegiatan pembelajaran di MA Ummatan Wasathon belum memperhatikan keaktifan peserta didik secara individu. Praktek bias gender pada perencanaan pembelajaran di kedua madrasah masih ditemukan dalam rancangan materi. Dua dalam pelaksanaan pembelajaran guru di kedua madrasah memberikan perlakuan serta kesempatan yang sama kepada peserta didik baik laki-laki maupun perempuan, penggunaan bahasa dan materi yang bias gender juga masih ditemukan dalam materi pembelajaran di dua sekolah. Tiga praktek bias gender dalam evaluasi pembelajaran masih ditemukan pada bahasa yang digunakan dalam instrumen penilaian. Meski demikian guru di dua madrasah ini berusaha untuk menerapkan aturan dan instrumen penilaian yang sama kepada semua peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pengarusutamaan Gender, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 11:40
Last Modified: 04 Aug 2016 11:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21403

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum