INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM GERAKAN ORGANISASI DAKWAH KAMPUS (STUDI KASUS DI LDK BIROHMAH UNIVERSITAS LAMPUNG)

AIS ISTI’ANA, NIM. 1420410161 (2016) INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM GERAKAN ORGANISASI DAKWAH KAMPUS (STUDI KASUS DI LDK BIROHMAH UNIVERSITAS LAMPUNG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM GERAKAN ORGANISASI DAKWAH KAMPUS (STUDI KASUS DI LDK BIROHMAH UNIVERSITAS LAMPUNG))
1420410161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM GERAKAN ORGANISASI DAKWAH KAMPUS (STUDI KASUS DI LDK BIROHMAH UNIVERSITAS LAMPUNG))
1420410161_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ais Istiana. Internalisasi Nilai Pendidikan Islam Dalam Gerakan Organisasi Dakwah Kampus (Studi Kasus di LDK Birohmah Universitas Lampung). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam konsentrasi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program internalisasi, implementasi, dan implikasi nilai pendidikan Islam terhadap sikap dan perilaku keagamaan kader di LDK Birohmah Universitas Lampung. Pendekatan penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data penelitian yaitu, pengurus LDK Birohmah dan anggota LDK Birohmah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrumen penelitian dalam empat tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Internalisasi nilai pendidikan Islam di LDK Birohmah meliputi 10 nilai pendidikan Islam; Salimul Aqidah (Good Faith), Shahihul ’Ibadah (Right Devotion), Matinul Khuluq (Strong Character), Qodirun ’alal Kasbi (Independent), Mustaqqoful Fikr (Thinking Brilliantly), Qowiyyul Jism (Physical Power), Mujahidun lin Nafs, Munadzam Fi Syu’unihi (Well Organized), Haritsun ’ala Waqtihi (Good time Management), Nafi’un li Ghairihi (Giving Contribution). Kedua, LDK Birohmah mempunyai 5 departemen yang memiliki program-program kegiatan terkait internalisasi nilai-nilai PAI. Masing-masing departemen dan program kegiatannya adalah sebagai berikut; 1). Program Kerja Departemen KII (Kajian Ilmiah Islam) dengan program kegiatannya yaitu tasqif birohmah, PHBI, dan Tabligh Akbar. 2). Program Kerja Departemen MCU dengan program kegiatannya yaitu FU (Forum Update), BERSATU (berita dan syiar Islam yang Aktual dan bermutu). 3). Program Kerja Badan Khusus Pemberdayaan Muslimah (BKPM) dengan program kegiatannya yaitu Dauroh Mar’atus Sholihah (DMS), Rumah Cantik Muslimah (RCM), Jilbab Care, Kajian Muslimah (KAMUS), Diskusi Muslimah (DISMUS). 4). Program Kerja Departemen Staff BENDUM dengan program kegiatannya yaitu KUMB (Kantor Usaha Mandiri Birohmah), Seminar Kewirausahaan, EA (Enterpreuner Action). Kelima, Program Kerja Departemen HUMAS dengan program kegiatannya yaitu Jama’ah (jaringan Birohmah), Bii_care (Birohmah Care). Ketiga, Metode dalam implementasi internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan LDK Birohmah untuk meningkatkan perilaku keagamaan mahasiswa dilakukan melalui berbagai pendekatan dan metode sebagai berikut: a) Pendekatan LDK Birohmah melalui Pendekatan Individual dan pendekatan kelompok meliputi kajian-kajian Islam dan kegiatan-kiegiatan sosial sedangkan b) Metode LDK Birohmah yaitu: Melalui Pelatihan dan Pembiasaan, Melalui Contoh (keteladanan), Keempat, Implementasi program kegiatan LDK Birohmah dalam proses internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui tiga tahapan berikut ini; tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap viii transinternalisasi. Kelima Evaluasi program Internalisasi nilai-nilai PAI di LDK Birohmah yaitu meliputi; Dimensi Keyakinan, Dimensi Peribadatan, Dimensi Pengalaman, Dimensi Pengetahuan. Keenam, Faktor pendukung Internalisasi nilai Pendidikan Islam LDK Birohmah dalam membentuk prilaku keagamaan mahasiswa yaitu: 1). Fasilitas pendukung pelaksanaan kegiatan-kegiatan LDK Birohmah. 2). Adanya dukungan dari pihak UNILA, dosen, dan Pembina LDK Birohmah. 3). Adanya motivasi dari masing-masing anggota LDK Birohmah dalam mensuport segala bentuk kegiatan LDK. 4). Adanya kerjasama dengan para dosen PAI dan alumni LDK Birohmah. Ketujuh, Faktor penghambat Internalisasi nilai Pendidikan Islam LDK Birohmah dalam membentuk prilaku keagamaan mahasiswa yaitu: 1). Mahasiswa yang heterogen dari latar belakang keluarga dan pengetahuan agama yang berbeda. 2). Sulitnya mengatur waktu bagi para pengurus dan anggota untuk berkumpul dan merencanakan agenda. 3). Adanya pengaruh negatif dari lingkungan masyarakat serta media yang kurang mendidik. Kedelapan, Implikasi Internalisasi Nilai Pendidikan Islam di LDK Birohmah meliputi: a) meningkatkan keimanan dan wawasan keislaman, b) menanamkan akhlak yang baik, c) konsisten dalam pengamalan ibadah, d) menumbuhkan jiwa organisasi dan kerjasama, e) mengembangkan potensi mahasiswa Keyword: Inte

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, MA
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai Pendidikan Islam, Lembaga Dakwah Kampus
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 12:01
Last Modified: 04 Aug 2016 12:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21404

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum