MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK (STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA)

MUCHAMAD AGUS MUNIR, SPDI, NIM. 1420410173 (2016) MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK (STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK (STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA))
1420410173_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANUSIA SEBAGAI SUBJEK DIDIK (STUDI PEMIKIRAN SEYYED HOSSEN NASR DAN KI HADJAR DEWANTARA))
1420410173_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muchamad Agus Munir. Konsep Manusia Sebagai Subjek Didik (Telaah Pemikiran Seyyed Hossein Nasr dan Ki Hadjar Dewantara). Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016. Manusia merupakan makhluk yang memiliki kemampuan yang komplek Kemampuan tersebut masuk ke dalam unsur jasmani dan rohani. Namun semua kemampuan tersebut, di zaman modern seperti saat ini hanya dibatasi salah satunya saja, sehingga manusia hanya dipandang sebagai "barang mati" tanpa pilihan kecuali menerima atau menjadi wadah dari sosialisasi teori iptek dan nilai yang diberikan dan ditumpahkan guru kepadanya. Akibatnya manusia dalam posisi sebagai subjek didik, gagal memahami dan menangkap potensi-potensi yang ada di dalam dirinya. Oleh karena itu diperlukan sebuah rumusan baru manusia sebagai subjek didik yang dapat menghimpun seluruh kemampuan manusia. Rumusan tersebut dapat diambil dari pemikiran Seyyed Hossein Nasr yang menganggap manusia sebagai subjek dengan komplesitas yang sudah ada sebelum lahir, selian itu diambil rumusan dari Ki Hadjar Dewantara yang menganggap manusia adalah bersatunya kekuatan daya cipta-rasa-dan karsa. Penelitian ini menggunakan jesnis penelitian library research yakni, penelitian yang sumber datanya diperoleh melalui studi pustaka atau literatur-literatur yang terkait. Pendekatan yang digunakan adalah hermeneutik yakni, meangkap makna terdalam yang terkandung di dalam teks-teks dari kedua pemikir tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentas data data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan objective geist artinya, mengkaji makna yang terdalam, atau hakikat nilai yang terkandung dalam objek penelitian, dalam hal ini terkait dengan karya-karya dari Seyyed Hossein Nasr dan Ki Hadjar Dewantara. Hasil penelitian ini berupaya untuk merekonstruksi konsepsi mengenai subjek didik di dalam pendidikan, dengan mengacu kepada proses pematangan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki manusia. Proses pematangan tersebut menurut Seyyed Hossein Nasr harus sesuai dengan kedudukan manusia di dunia yaitu sebagai ‘abd (hamba) dan khalifatullah (wakil Allah). Tuhan membekali manusia untuk hidup di dunia dengan kemampuan jasmani dan rohani, yang semuanya perlu untuk dikembangkan, agar menjadi makhluk yang utuh. Potensi atau kemampuan jasmani terdiri dari tubuh, panca indera dan pikiran, dikembangkan untuk menyempurnakan kemampuan manusia dalam menjalani kehidupan lahir. Sedangkan potensi rohani yang terdiri dari jiwa, intelek dan hati dikembangkan untuk mencapai level kemanusiaan yang murni. Adapun konsepsi menurut Ki Hadjar Dewantara menganggap bahwa manusia sebagai subjek didik tidak terlepas dari kodrat yang dimilikinya. Kodrat tersebut berupa kepatuhan untuk menaati tata tertibdamainya alam semesta. Syarat utama yang harus dipenuhi manusia adalah pematangan potensi dan segala daya yang dimilikinya, yang berupa insting, nafsu, dan jiwa. Insting dan jiwa dikembangkan sebagai kekuatan lahir seperti mempertahankan hidup dan melahirkan. Sedangkan jiwa yang mencakup cipta-rasa-karsa harus dikembangkan secara proporsional. Cipta merupakan daya kekuatan pikiran manusia, rasa sebagai daya emosi yang sifatnya natural dalam diri manusia dan karsa sebuah kemauan dalam diri manusia. Ketiganya memerlukan bimbingan dan tuntunan dari pendidikan untuk merealisasikan kekuatankekuatannya, agar manuju kepada manusia yang merdeka dan bebas berekspresi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, S.S, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manusia, Subjek Didik, Seyyed Hossein Nasr, Ki Hadjar Dewantara
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:18
Last Modified: 04 Aug 2016 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21411

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum