EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SISWI MTS NURUL UMMAH KOTA GEDE YOGYAKARTA

NABELLA DANANIER, SSOSI, NIM. 1420410178 (2016) EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SISWI MTS NURUL UMMAH KOTA GEDE YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SISWI MTS NURUL UMMAH KOTA GEDE YOGYAKARTA)
1420410178_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) UNTUK MENINGKATKAN DETERMINASI DIRI SISWI MTS NURUL UMMAH KOTA GEDE YOGYAKARTA)
1420410178_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nabella Dananier, S.Sos.I. Efektivitas Bimbingan dan Konseling Cognitive Behaviour Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Determinasi Diri Siswi Mts Nurul Ummah Kota Gede Yogyakarta Penelitian ini berangkat dari adanya permasalah lapangan dimana terdapat kasus bulliying sebagai salah satu cara bagi para remaja untuk mendapatkan pengakuan dari kelompok sosialnya. Keputusan untuk memilih cara-cara yang merugikan untuk menunjukkan eksistensi diriya pada dasarnya merupakan salah satu sikap yang tidak bertanggung jawab dan dicirikan sebagai salah satu perilaku determinasi diri yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Bimbingan Dan Konseling Cognitive Behaviour Therapy (CBT) Untuk Meningkatkan Determinasi Diri Siswi Mts Nurul Ummah Kota Gedhe Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Bimbingan dan Konseling CBT dapat meningkatkan determinasi diri siswi MTs. Nurul Ummah, Yogyakarta. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang siswi dengan determinasi diri rendah yang tinggal dalam asrama sekolah. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Eksperimen Time Series Desaign. Alat pengumpulan data menggunakan skala Determinasi Diri hasil dari modifikasi skala milik Seivi dengan menambahkan beberapa item yang mengacu pada teori Deci dan Ryan serta disesuaikan dengan subjek yang diteliti. Analisis data menggunakan wilcoxon signed rank test dengan program SPSS 16.00 for windows, diperoleh Asymp.Sig. (2-tailed) atau p=0,042, dimana p= 0,01 p 0,05. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata 4 kali pre pretest dan rata-rata 4 kali posttes Determinasi Diri siswi MTs. Nurul Ummah Yogyakarta. Berdasarkan hasil perhitungan statistik ini berarti Bimbingan dan Konseling CBT efektiv untuk meningkatkan Determinasi Diri siswi MTs. Nurul Ummah Yogyakarta. Dengan demikian hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini diterima atau terbukti. Hal ini mengindikasikan bahwa Semakin efektif proses Bimbingan dan Konseling CBT, maka akan semakin meningkatkan Determinasi Diri pada siswi MTs Nurul Ummah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Imas Kania Rachman, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Cognitive Behaviour Therapy, Determinasi Diri
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:22
Last Modified: 04 Aug 2016 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21413

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum