HIDDEN CURRICULUM PADA TULISAN ARAB (PLAKAT) DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTERA YOGYAKARTA (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK)

MUHAMMAD YASIN, NIM. 1420410188 (2016) HIDDEN CURRICULUM PADA TULISAN ARAB (PLAKAT) DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTERA YOGYAKARTA (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HIDDEN CURRICULUM PADA TULISAN ARAB (PLAKAT) DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTERA YOGYAKARTA (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK))
1420410188_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (HIDDEN CURRICULUM PADA TULISAN ARAB (PLAKAT) DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTERA YOGYAKARTA (ANALISIS INTERPRETATIF-HERMENEUTIK))
1420410188_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Yasin, Hidden Curriculum Pada Tulisan Arab (Plakat) di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putera Yogyakarta (Analisis Interpretatif-Hermeneutik). Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Awal mula berdirinya Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim ini adalah sebagai semangat dalam membimbing umat. Akan tetapi setelah adanya sistem yang dibawa oleh para alumni yang berasal dari Pondok Modern Darussalam Gontor, maka diaplikasikanlah dari beberapa sistem dan spirit yang ada, salah satunya yaitu dengan membuat dan memasang tulisa-tulisan Arab atau plakat yang diambil dari berbagai sumber, agar memotivasi santri dalam menuntut ilmu. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui sejarah dan perkembangan dari tulisan-tulisan Arab (plakat) yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putera, 2) untuk mengetahui makna filosofis dari tulisan Arab (plakat) berdasarkan perspektif pimpinan, ustāż, dan santri, 3) untuk mengetahui perbedaan pemkanaan terhadap tulisan-tulisan Arab (plakat) antara pimpinan, ustāż, dan santri serta 4) untuk mengetahui pengaruh/dampak dengan adanya tulisan-tulisan Arab (plakat) terhadap santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putera. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) Hasil dari penelitian ini di antaranya adalah: Pertama, perkembangan tulisan Arab (plakat) yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putera meliputi: perkembangan dari segi keilmuan, model/gaya tulisan, bahan yang digunakan, dan jumlah plakat yang semakin bertambah. Kedua, makna filosofis atas hidden curriculum pada plakat-plakat yang ada di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim berdasarkan pimpinan pondok, ustāż dan santri. Ketiga, terjadinya diferensiasi pemaknaan antara pimpinan pondok, ustāż dan santri terhadap plakat-plakat yang ada. Keempat, pengaruh terhadap santri dengan adanya hidden curriculum di Pondok Pesantern Ibnul Qoyyim sangat dirasakan oleh santri, berdasarkan dari hasil wawancara mendalam terhadap santri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Mahmud Arief, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Hidden Curriculum, Plakat, Pondok Pesantren
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:31
Last Modified: 04 Aug 2016 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21416

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum