“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA` BERBASIS APLIKASI AUTOPLAY” (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BOYOLALI)

MUH FUAD ACHSAN, SPDI, NIM. 1420410198 (2016) “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA` BERBASIS APLIKASI AUTOPLAY” (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BOYOLALI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA` BERBASIS APLIKASI AUTOPLAY” (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BOYOLALI))
1420410198_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (“EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH ISTIMA` BERBASIS APLIKASI AUTOPLAY” (PENELITIAN EKSPERIMEN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BOYOLALI))
1420410198_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Muh. Fuad Achsan. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Maharah Istima` Berbasis Aplikasi Autoplay (Penelitian Eksperimen di Madrsah Aliyah Negeri 2 Boyolali) Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Dunia pendidikan pada dasarnya tidak terlepas dari media pembelajaran. Karena setiap kegiatan belajar mengajar tentu media sangat berperan penting dalam kegiatan tersebut, akan tetapi pada era yang modern ini seorang pengajar masih sedikit memanfaatkan media tersebut. Padahal jika media digunakan dengan semaksimal mungkin akan menghasilkan pembelajaran yang interaktif dan tidak membosankan. AutoPlay Media Studio merupakan perangkat lunak untuk membuat perangkat lunak multimedia dengan mengintegrasikan berbagai tipe media misalnya gambar, suara, video, teks dan flash ke dalam presentasi yang dibuat. Media ini dibuat untuk memperlancar tersampainya materi maharah istima` dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan dan sejauhmana efektivtas media berbasis aplikasi autoplay untuk pembelajran maharah istima` di MAN 2 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah desain kelas pretest-postest dengan dibagi dua kempok kelas, yaitu kelas control dan kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dengan uji t menggunakan perangkat lunak SPSS v. 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran maharah istima` dengan menggunakan media berbasis aplikasi autoplay lebih efektif daripada pembelajaran maharah istima` yang hanya menggunakan media konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji – t nilai posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu Kelas X hasil uji-t nilai posttest lebih besar dari nilai t tabel, 6,410 2,042 (bisa dilihat di nilai-nilai distribusi t tabel pada alfa uji dua pihak "two tail test" pada taraf signifikan 0,05 / 5%).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, MA
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajran, Maharah Istima` dan Aplikasi Autoplay
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:37
Last Modified: 04 Aug 2016 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21419

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum