KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB

HIMSONADI, SPD, NIM. 1420410207 (2016) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB)
1420410207_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PROFESIONAL GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB)
1420410207_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Himsonadi, NIM: 1420410207, Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling (BK) Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Lombok Timur, Program Studi Pendidikan Islam, Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta 2016. Mutu kualitas layanan bimbingan dan konseling diruang lingkup pendidikan sangat dipengaruhi oleh kompetensi profesioanal. Kompetensi profesional merupakan penguasaan kiat penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling yang memandirikan, yang ditumbuhkan serta diasah melalui latihan dan penerapan secara berkelanjutan (Permendiknas No. 27 Tahun 2008) Sampai saat ini guru BK MA yang ada di Kabupaten Lombok Timur belum menguasai komepetensi profesional sepenuhnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Kabupaten Lombok Timur; 2) Melihat upaya-upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi keprofesionalannya; dan 3) Melihat hambatan-hambatan guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kompetensi keprofesionalannya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan subyek penelitian pengurus MGBK dan guru BK MA yang menjadi anggota MGBK di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Artinya, telah dilakukan wawancara pada pengurus MGBK dan guru BK MA, serta observasi dan dokumentasi pada guru BK MA. Semua data yang didapat akan dianalisis dengan tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan adalah guru BK MA yang menjadi anggota MGBK secara keseluruhan sudah memiliki latar belakang Sarjana Pendidikan (S.1) pada bidang bimbingan dan konseling, serta memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun. Kendati demikian, guru BK MA tersebut belum menguasai semua rumusan kompetensi profesional yang ada pada Permendiknas No. 27 Tahun 2008. Adapun indikator yang belum dimiliki adalah: 1) Menguasai pendekatan-pendekatan praksis bimbingan dan konseling dan 2) Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling. Upaya peningkatan kompetensi profesional yang telah dilakukan berbentuk kegiatan-kegiatan rutin MGBK yang selalu melibatkan guru BK yang menjadi anggota MGBK. Adapun hambatan guru BK MA di antaranya; Tidak adanya jadwal masuk kelas guru BK; Kurangnya dukungan biaya yang diberikan pihak sekolah kepada guru BK; Kurang penguasaan mengenai teori-teori pendekatan yang digunakan, seperti pendekatan psikoanalisis, pendekatan behavior, pendekatan eksistensial humanistik, serta pendekatan-pendekatan lainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Guru BK, Madrasah Aliyah (MA)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Aug 2016 14:44
Last Modified: 04 Aug 2016 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21424

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum