PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL AKIDAH KELAS IX SEMESTER GENAP DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN

MUHAMMAD BAKHRI JURJANI, SFILI, NIM. 1420411011 (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL AKIDAH KELAS IX SEMESTER GENAP DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL AKIDAH KELAS IX SEMESTER GENAP DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN)
1420411011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL AKIDAH KELAS IX SEMESTER GENAP DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN)
1420411011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar modul Akidah kelas IX semester genap di SMP Muhammadiyah 1 Klaten merupakan tesis yang diangkat oleh peneliti sebagai solusi terhadap minimnya bahan ajar Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Klaten. Jenis penelitian ini adalah research and development (R and D), yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh permasalahan pada objek penelitian dan megembangkan produk yang sudah ada. Model penelitian dan pengembangan menggunakan Born and Gall. Penelitian ini berorientasi untuk mengembangkan dan memvalidasi modul sebagai bahan ajar dengan melibatkan ahli materi, bahasa, media, guru PAI, teman sejawat, dan pakar pendidikan. Peneliti mengembangkan produk penelitian dengan melakukan tiga tahap pengembangan, yaitu analisis, desain produk, dan pengembangan. Data hasil penelitian terhadap modul oleh validator melalui perbaikan dan menghasilkan perolehan sebagai berikut: ahli materi 1 dan 2 diperoleh rata-rata 4,16 dan 4,32. Rata-rata tersebut memiliki nilai "B" dan "A". Berada dalam kriteria "Baik" dan "Sangat Baik". Ahli bahasa 1 dan 2 diperoleh rata-rata 4,32 dan 4,42. Rata-rata keduanya memiliki nilai "A" dan berada pada kriteria "Sangat Baik". Ahli media 1 dan 2 diperoleh rata-rata 4,43 dan 4,36. Rata-rata keduanya memiliki nilai "A" dan berada dalam kriteria "Sangat Baik". Guru Pendidikan Agama Islam 1 dan 2 diperleh rata-rata 4,16 dan 4,33. Rata-rata keduanya "B" dan "A" berada pada kriteria "Baik" dan "Sangat Baik". Teman sejawat 1 dan 2 diperoleh rata-rata 4,47 dan 4,18. Rata-rata tersebut memiliki nilai "A" dan "B" dan berada pada kriteria "Sangat Baik" dan "Baik". Pakar pendidikan diperoleh rata-rata 3,72. Rata-rata tersebut memiliki nilai "B" dan berada dalam kriteria "Baik". Keseluruhan hasil penilaian oleh validator terhadap kualitas produk diperoleh 4,26 dan berada dalam kriteria "Sangat Baik" dengan nilai "A". Respon peserta didik terhadap produk yang dihasilkan dalam uji coba kecil dan uji coba besar keduanya termasuk dalam kriteria sanga baik (SB) dengan nilai rata-rata 4,20 dan 4,14. Sedangkan dalam prosentase sebesar 84,17 % dan 82,71%. Berdasarkan penilaian respon peserta didik terhadap produk bahwa sebagian peserta didik yang menjadi subjek uji coba pada kelompok skala kecil dan skala besar setuju dengan penggunaan modul Akidah kelas IX semester genap di SMP Muhammadiyah 1 Klaten. Hipotesis penelitian ini menggunakan aplikasi NPSS versi 21.0 dan diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar peserta didik pada kelas kontrol ternyata terdistribusi normal karena taraf signifikansinya 0.05 yaitu 0.065. Sedangkan pada prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen terdistribusi tidak normal karena taraf signifikansinya 0.05 yaitu 0.008. Uji statistik hasil hitungan statistik prestasi karena taraf signifikansinya 0.000 0.05, maka H0 ditolak Ha diterima. Maka kesimpulannya "Ada perbedaan perlakuan kelas kontrol dengan kelas eksperimen yang diberi modul terhadap prestasi hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Modul, Akidah
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:39
Last Modified: 05 Aug 2016 07:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum