PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) MADIUN

MUHAMMAD HAMDAN, NIM. 1420411013 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) MADIUN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) MADIUN)
1420411013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KOMUNIKATIF PRESPEKTIF KONSTRUKTIVISME DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) MADIUN)
1420411013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hamdan, Muhammad. 2016. Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif Perspektif Konstruktivisme di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Madiun, Tesis, Pendidikan Islam, Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemampuan Bahasa Arab peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab sampai saat ini belum mencapai tingkat yang memuaskan, merespon kondisi seperti ini model materi Bahasa Arab kemudian didesain menjadi Bahasa Arab komunikatif sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Arab dengan merujuk kepada fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Bahasa Arab komunikatif merupakan matakuliah yang dianggap baru di perguruan tinggi seperti di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Madiun, penelitian ini bermaksud menyelidiki proses pembelajaran Bahasa Arab komunikatif dengan perspektif konstruktivisme sebagai kacamata untuk memandang proses pembelajaran dalam pemerolehan pengetahuan berupa bahasa baru, serta menyelidiki proses aktif konstruktif dalam penguasaan kompentesi komunikatif dalam pembelajaran Bahasa Arab komunikatif, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan data yang didapat selama melakukan penelitian dengan tehnik wawancara, observasi, dokumentasi, dari data tersebut kemudian teknik analisis data menggunakan model analisis Miles Huberman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1). proses pembelajaran Bahasa Arab komunikatif secara umum tergolong konstruktif. hal ini dibuktikan dengan adanya keaktifan mahasiswa selama pembelajaran berlangsung dalam memperoleh pengetahuan baru berupa bahasa yang kemudian dikomunikasikan langsung dengan lawan bicaranya, keterlibatan dosen bersifat membantu mahasiswa agar dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan melalui bahasa akan dipelajari dengan dukungan materi yang mengacu kepada kegiatan sehari-hari mahasiswa. secara spesifik dosen penyampai materi matakuliah Bahasa Arab komunikatif kurang menguasai metodologi pembelajaran Bahasa Arab, sehingga dalam prakteknya dosen terlihat rancu dalam pemilihan pendekatan, metode dan teknik serta desain pembelajaran yang tepat untuk materi Bahasa Arab komunikatif. 2) proses aktif konstruktif mahasiswa dalam penguasaan kompentensi komunikatif dilakukan dengan bantuan mufrodat berbentuk kalimat tanya, dengan cara melakukan pengulangan sebagai bentuk pembiasaan dan kemudian dituangkan dengan kalam qira’ah dan kitabah. selanjutnya mahasiswa secara internal melalui proses regulasi diri dengan teknik saling tukar gagasan antar-individu yang dihimpun dalam bentuk dialog yang berisi pengalaman sosial setiap individu mahasiswa. Dari hasil penelitian ini disarankan pihak STAI Madiun untuk memfasilitasi pembelajaran dengan mengadakan kelas matrikulasi tambahan dan membuat kerjasama antara beberapa lembaga penyelenggara pembelajaran Bahasa Arab diluar kampus dalam rangka menunjang proses pembelajaran dan agar mahasiswa lebih banyak pengalaman belajar dengan situasi yang berbeda dan memberikan beberapa referensi berupa buku ajar untuk mengasah kemampuan komunikasi mahasiswa dengan Bahasa Arab. bagi dosen pengampu matakuliah untuk meningkatkan kembali proses pembelajaran terkait metode teknik dengan mengambil dari beberapa referensi terkait metodologi pembelajaran Bahasa Arab. bagi mahasiswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam menggunakan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-sehari hari. dan mengikuti kelas matrikulasi tambahan sehingga mampu menyesuaikan proses pembelajaran Bahasa Arab komunikatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Tulus Mustofa Lc. M.A
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab Komunikatif, Perspektif konstruktivisme, STAI Madiun.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 07:41
Last Modified: 05 Aug 2016 07:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum