INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MAISAROH, SS, NIM. 1420411060 (2016) INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420411060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420411060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB)

Abstract

Maisaroh : Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs., Tesis, Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Islam. Pascsarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah banyak nya kasus yang terjadi pada peserta didik dan remaja dalam hal dekadensi moral. Bahasa merupakan salah satu alat atau sarana yang tepat dalam proses pembentukan karakter, dan penggunaan bahasa seseorang yang disampaikannya baik secara lisan maupun tulisan dengan bahasa yang baik, lugas dan sopan, maka akan tercermin karakter pribadinya, pola pikirnya, dan kualitas keilmuannya.Dalam pembelajaran bahasa Arab dari faktor materi ajar bahasa Arab, masih kurangnya tema-tema dan mufradat yang mengarah pada nilai-nilai karakter, karena pendidikan karakter bukanlah kurikulum baku, maka untuk menanamkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Arab harus diintegrasikan melalui tema-tema dalam pembelajaran bahasa Arab. Peraturan dan kebijakan sekolah juga sangat berperan dan mempunyai pengaruh dalam proses penanaman nilai untuk membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep integrasi pendidikan karakter MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah dan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab, mengetahui implementasi integrasi pendidikan karakter MTs. Mu’allimaat dan implementasi integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan pengamatan, dimana peneliti berfungsi sebagai instrument untuk melakukan pengamatan secara terus menerus, melakukakn wawancara secara mendalam, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan melalui triangulasi sumber. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analissi model interaktif yaitu dengan mersduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memberikan paparan konsep integrasi pendidikan karakter MTs. Mu’allimaat dan dalam pembelajaran bahasa Arab. Konsep dasar integrasi pendidikan karakter di MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yang sudah berjalan di MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta adalah pengembangan dari salah satu misi dari MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta yaitu Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan kepemimpinan guna membangun kompetensi dan keunggulan siswi di bidang akhlaq dan kepribadian. Dipadukan dengan konsep pendidikan budaya karakter bangsa yang telah dirumuskan oleh Kemendiknas pada tahun 2010. Adapun landasan dari konsep integrasi pendidikan karakter yaitu sistem pendidikan nasional, misi madrasah, visi madrasah, nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MTs. Mu’allimaat, kompetensi lulusan MTs. Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. x Implementasi integrasi pendidikan karakter di MTs. Mu’allimat secara umum melalui pengembangan kurikulum mata pelajaran, budaya sekolah yang meliputi budaya guru, budaya disiplin kerja, dan budaya siswa, kegiatan pembiasaan dan pembinaan di madrasah dan asrama, pengembangan bakat dan minat, dan Pendidikan Kecakapan Hidup ( Life Skill ) yang diperoleh peserta didik di madrasah dan di asrama. Sedangkan implementasi integrasi pendidikan karakter khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab melalui model pembelajaran integrasi yang diterapkan di MTs. Mu’allimaat yaitu dengan model webbed (jaring laba-laba) dengan pendekatan tematik, dan dalam proses pembelajarannya menggunakan tema sebagai pengikat dasar integrasi pendidikan karakter. Adapun tahap-tahap yang dilakukan oleh guru bahasa Arab dalam pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Arab dengan model webbed dan pendekatan tematik adalah: Pertama, Tahap Persiapan Pelaksanaan, dalam tahap ini kegiatan yang dilakukan yaitu Persiapan Pelaksanaan, pemetaan kompetensi dasar, penjabaran SK dan KD ke dalam indikator, menentukan tema dan jaringan tema, identifikasi dan analisis SK, KD, indikator, penyusunan silabus, dan RPP. Kedua, tahap pelaksanaan, pada tahap ini proses integrasi nilai karakter berlangsung. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pertama kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dalam kegiatan inti guru mengintegrasikan pendidikan karakter yang sesuai dengan materi ajar atau tema, dan kegiatan penutup. Ketiga, Penilaian dengan penugasan berbentuk stimulus dan latihan tertulis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Radjasa Mu’tasim.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:13
Last Modified: 05 Aug 2016 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum