PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA INKLUSI DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA

YUNI IRAWATI, NIM. 1420411061 (2016) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA INKLUSI DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA INKLUSI DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA)
1420411061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PADA SISWA INKLUSI DI SD INTERNATIONAL ISLAMIC (INTIS) SCHOOL YOGYAKARTA)
1420411061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Yuni Irawati. Pembentukan Karakter Religius pada Siswa Inklusi di SD INTIS School Yogyakarta. Tesis. Jurusan Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Islam. Konsentrasi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D. Pendidikan inklusi bagi anak berkebutuhan khusus merupakan hak yang perlu didapatkan. Selama ini anak berkebutuhan khusus belum mendapatkan pendidikan yang layak untuk perkembangan rohani dan jasmani mereka. Karena itu, peneliti ini fokus pada pembentukan karakter yang kuat bagi mereka. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan reduksi data karena pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan karakter religius pada siswa inklusi. Hasil menunjukkan bahwa 1) proses pembentukan karakter religius pada siswa inklusi di SD INTIS School Yogyakarta mencakup pembentukan karakter religius, meliputi kondisi anak berkebutuhan khusus disesuaikan dengan kondisi guru dan sarana-prasarana, pihak sekolah melihat kondisi anak berkebutuhan khusus dengan melihat asesmen yang diperoleh dari hasil tes dengan psikolog, kondisi anak berkebutuhan khusus disesuaikan dengan kurikulum dan peran pseudo dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus. Metode-metode yang digunakan dalam pembentukan karakter religius: keteladanan, penghargaan dan peringatan, cerita atau kisah berhikmah, menempel, brain game, dan active learning; 2) pola pembentukan karakter religius pada siswa inklusi meliputi pembelajaran PAI meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, pola pembiasaan dan budaya sekolah, melalui akhlak aplikatif, dan program evaluasi. 3) keberhasilan pembentukan karakter religius meliputi: sikap dan perbuatan siswa dan kemampuan siswa yang mencakup bertambahnya pengetahuan siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Zulkipli Lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Karakter religius, siswa inklusi
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:14
Last Modified: 05 Aug 2016 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum