NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMIKIRAN SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA

NURQAMARIYAH, SPDI, NIM. 1420411064 (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMIKIRAN SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMIKIRAN SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA)
1420411064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMIKIRAN SYEKH MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARI SERTA RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA)
1420411064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Nur Qamariyah,S.Pd.I Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Pemikiran Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari serta Relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Latar belakang penelitian ini bahwa penanaman nilai-nilai kepada peserta didik di sekolahsekolah melalui mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih terdapat krisis kepribadian dalam mengimplemetasikan nilai-nilai tersebut, dan kurangnya materi sejarah ulama Banjar yang di angkat kedalam pembelajaran PAI di sekolah. Sedangkan pendidikan agama Islam sebagai mata pelajaran di Indonesia memiliki peranan penting dalam penyadaran nilai-nilai agama Islam kepada peserta didik, karena muatan mata pelajaran yang mengandung nilai, moral, dan etika agama. Penelitian ini memiliki rumusan masalah apa saja nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam Pemikiran Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, bagaimana upaya Syekh Muhammad Arsyad al- Banjari menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam, dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pemikiran Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari terhadap pendidikan agama Islam di Indonesia. Menjawab rumusan tersebut dengan menggunakan penelitian historis faktual mengenai tokoh dengan menjadikan pemikiran tokoh dari beberapa karya-karya dan sejarah kehidupan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis yang bertujuan untuk mengetahui, memahami serta menjelaskan nilai-nilai pendidikan agama Islam dan upaya penanaman nilai-nilai tersebut serta mencari relevansinya dengan pendidikan agama Islam di Indonesia. Setelah melakukan pengkajian, pengamatan, penelitian dan analisis terhadap beberapa karya-karya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari yaitu risalah Tuḥfaturragibīn, kitab Sabīlal Muhtadīn, Luqthatal ‘Ajlān dan Parukunan serta sejarah hidup Syekh Muhammad Arsyad al- Banjari. Bahwa nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam pemikiran Arsyad yaitu : 1) tujuan pendidikan agama Islam ialah tujuan pendidikan dunia akhirat dan peningkatan kemasyarakatan, 2) kurikulum pendidikan agama Islam adalah al-Qur’an, Hadiṡ, Fiqih, Tauhid, Akhlak, Bahasa Arab, Tarikh 3) pendidik dan anak didik dalam pendidikan agama Islam adalah pendidik yang memiliki suatu ilmu dan menguasai dengan baik dan benar, menjadi teladan, memperbaiki masyarakat baik dari segi keilmuan dan kehidupan, menguasai metode pembelajaran, dan yang memotivasi Anak didik adalah seseorang yang ingin dan mampu menerima pelajaran dalam dirinya, yang berada dalam proses pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan bimbingan pengetahuan. Nilai-nilai dalam ruang lingkup pendidikan agama Islam yaitu: 1) nilai pendidikan aqidah yang mengandung rukun iman dan penguatan iman terhadap takdir baik dan buruk dengan tidak melakukan membuang pesilih dan menyanggar, 2) nilai pendidikan syariah yang mengandung nilai dalam implementasi rukun Islam, 3) nilai pendidikan akhlak yang mengandung nilai kepribadian Islami. Selanjutnya dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam yang ditanamkan Arsyad kepada peserta didik dan masyarakat menggunakan pendekatan pengembangan rasional, klarifikasi nilai, kognitif, perilaku sosial, penanaman nilai, dan menggunakan strategi transiternal dan strategi pengembangan keterampilan. Sedangkan metode dalam menanamkan nilai ialah keteladanan, bil lisan (nasehat) dan bil kitab (mengarang dan menulis). Relevansi dalam nilai-nilai PAI dalam pandangan Arsyad ada yang relevan dan juga tidak relevan dengan materi PAI yang terus diperkaya untuk menjawab persoalan yang mutakhir. Nilainilai pendidikan agama Islam dalam pemikiran Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari ini memberi konstribusi pendidikan di zamannya dalam mengenalkan dan mengajarkan nilai-nilai pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Usman, SS. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:15
Last Modified: 05 Aug 2016 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum