UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA HAFAL 2 JUZ AL-QUR’AN DAN TERJEMAHANNYA DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN YOGYAKARTA

BANA BETINANGIMA, NIM : 11470088 (2016) UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA HAFAL 2 JUZ AL-QUR’AN DAN TERJEMAHANNYA DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA HAFAL 2 JUZ AL-QUR’AN DAN TERJEMAHANNYA DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN YOGYAKARTA)
11470088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA HAFAL 2 JUZ AL-QUR’AN DAN TERJEMAHANNYA DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN YOGYAKARTA)
11470088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (706kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa usia remaja adalah usia yang paling efektif untuk menghafal Al-Qur’an, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa usia remaja juga adalah masa transisi dari kanak-kanak menuju kedewasaan sehingga remaja masih labil dan asyik dengan dunianya, terlebih sistem pendidikan yang ada di SMP MBS Prambanan Yogyakarta menggunakan sistem perpaduan antara pondok pesantren dan DIKNAS sehingga beban belajar mereka lebih banyak di banding sekolah lain pada umumnya oleh karena itu mereka harus bisa sepintar mungkin untuk memanajemen waktunya, disinilah guru sangat berperan penting untuk dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menghafal Al- Qur’an agar mereka senantiasa istiqomah serta tidak putus asa dalam menghafalkan Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisa data dilakukan dengan menelaah data, mereduksi, menyusun dan mengkategorikannya kemudian menguji keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian: (1) profil siswa terhadap tahfidz di SMP MBS Prambanan Yogyakarta adalah siswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri sehingga menciptakan kultur dan kebiasaan yang berbeda-beda (2) Upaya yang dilakukan oleh guru tahfidz untuk meningkatkan siswa hafal 2 juz Al-Qur’an antara lain dengan mengatur waktu pembelajaran tahfidz yang tepat, menggunakan metode sesuai kebutuhan siswa, menciptakan suasana yang harmonis dengan siswa, menceritakan kisah-kisah para penghafal Al-Qur’an dan teguran kepada siswa (3) Adapun faktor pendukung hafalan Al-Qur’an adalah keinginan dari siswa, tahfidz merupakan salah satu program unggulan, kedekatan pembimbing tahfidz dengan siswa dan jadwal yang sudah terstruktur, sedangkan faktor penghambatnya adalah banyaknya kegiatan yang dimiliki siswa, waktu yang minim program tahfidz belum masuk kedalam kurikulum sekolah (4) Hasil dari upaya guru tahfidz dalam meningkatkan motivasi siswa hafal 2 juz Al-Qur’an bahwa sebagian siswa di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan Yogyakarta sudah memenuhi target hafalan yang ditetapkan yakni 2 juz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr . NA’IMAH, M. Hum
Uncontrolled Keywords: Upaya, motivasi, menghafal Al-Qur’an
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:55
Last Modified: 05 Aug 2016 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum