PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK (WHOLE LANGUAGE) DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

MOCHAMAD AFRONI, S PDI, NIM. 1420411092 (2016) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK (WHOLE LANGUAGE) DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK (WHOLE LANGUAGE) DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420411092_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK (WHOLE LANGUAGE) DI MADRASAH TSANAWIYAH MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
1420411092_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mochamad Afroni: Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Holistik (Whole Language) di Madrasah Tsanawiyah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Tesis, Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Islam. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap MTs Mu‟allimaat terhadap potensi bahasa Arab yang dimiiki oleh peserta didik, proses pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan holistik (whole language), serta mengetahui adanya keunggulan, manfaat serta kekurangan pendekatan holistik (whole language) dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dan mengambil objek penelitian di MTs Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi non partisipasi (nonparticipatory observation), metode wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa MTs Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta menyikapi adanya potensi bahasa Arab pada peserta didik dengan membuat kelas program multilingual, Central of Language Movement (CLM), serta membangun hubungan dengan sumber daya manusia di lingkungan sekolah dan asrama, terstukturnya sistem madrasah, terorganisasi lingkungan antara sekolah dan asrama, menumbuhkan spiritualitas siswa, dan menghadirkan guru pelajaran bahasa Arab. Proses pembelajaran di kelas menggacu tiga karakteristik holistik yakni connectednes, wholenes, dan being serta menggunakan metode, tehnik dan media yang sudah disiapkan. Diantara metode yang digunakan yaitu thariqāh qawāid dan tarjāmāh, thariqāh mubasyarāh, thariqāh sam’iyah syafawiyāh, thariqāh al-qirāah, thariqāh ma’rifāh. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan diantaranya strategi diantaranya strategi pembelajaran menyimak (al-istimā’), berbica (al-kālam), berbica (al-kālam), membaca (al-qirā’ah), menulis (al-kitābah), kosa-kata (mufradat), dan tara bahasa (nahwu). Diantara manfaatnya yaitu meningkatnya spiritualitas peserta didik, meningkatkan pemahaman pelajaran bahasa arab, pembelajaran yang aplikatif dan efektif, dan mewujudkan pribadi berkarakter. Adapun kelebihannya yakni pengetahuan bahasa arab secara utuh, lingkungan belajar yang berintergritas, mewujudkan pribadi berintegritas antara individu dan sosial, fokus dalam belajar, mengembangkan peserta didik sesuai potensi. Namun masih terdapat kekurangan yaitu kondisi lingkungan kelas yang belum mendukung, semangat belajar peserta didik yang belum setabil, dan kurangnya kesadaran peserta didik dalam praktik berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Maksudin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Pendekatan , Holistik (whole language), MTs Mu‟allimaat Mu‟allimaat Muhammadiyah Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 10:07
Last Modified: 05 Aug 2016 10:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21464

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum