STRATEGI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN RESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS X IIS 1 MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

M. FAHMI ALFUQOHA, NIM: 11470094 (2016) STRATEGI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN RESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS X IIS 1 MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN RESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS X IIS 1 MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
11470094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text (STRATEGI MANAJEMEN KELAS UNTUK MENINGKATKAN RESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS X IIS 1 MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
11470094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (998kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tantangan sekolah akan etika dan sopan santun peserta didik yang semakin menurun dan kurangnya kepedulian pihak sekolah terhadap ketertiban dalam mengelola lingkungan belajar yang menjadikan proses belajar mengajar tidak dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga, banyak peserta didik yang kurang mempunyai etika dan sopan santun ketika berada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen kelas yang dapat meningkatkan prestasi belajar aqidah akhlak kelas X IIS 1 MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta, yang meliputi: (1) megetahui penerapan strategi manajemen kelas yang dapat meningkatkan prestasi belajar aqidah akhak kelas X IIS 1, (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menerapkan strategi manajemen kelas pada kelas X IIS 1, (3) mengetahui hasil prestasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah memaksimalkan strategi manajemen kelas pada kelas X IIS 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi yang berfungsi untuk mendapatkan data lapangan dengan mengamati obyek penelitian secara langsung dan wawancara untuk mencari data dengan berinteraksi dengan orang yang bersangkutan dengan penelitian ini, serta dokumentasi yang berfungsi untuk melengkapi data-data yang bersifat dokumenter. Untuk menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif melalui tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa (1) menciptakan suasana belajar yang dapat memberi semangat kepada peserta didik yaitu dengan menerapkan strategi-strategi pembelajaran yang meliputi, memberi kata motivasi ceramah, diskusi, pemberian reward, pemberian sanksi, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan penerepan strategi manajemen kelas, adapun faktor pendukungnya meliputi adanya ruang kelas yang memadai, tersedianya wifi sekolah, tersedianya bahan ajar yang memadai dan adanya guru yang kreatif, (3) menghasilkan prestasi belajar aqidah akhlak sesuai dengan nilai KKM 72 yang telah di standarkan oleh kementrian agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. NOR ROHMAH M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen Kelas, Aqidah Akhlak
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Aug 2016 10:32
Last Modified: 05 Aug 2016 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21470

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum