IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL

DESI NOVITASARI, NIM. 1420411125 (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL)
1420411125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AL-QUR’AN DI SDIT LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL)
1420411125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

DESI NOVITASARI, NIM 1420411125. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an di SDIT Luqman Al-Hakim Internasional. Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan lembaga pendidikan yang kurang memperhatikan atau bahkan mengesampingkan faktor nilai dan agama dalam melaksanakan proses pendidikan. Namun demikian, hal yang terpenting lagi bagaimana nilai-nilai Al-Qur’an ditransformasikan sehingga menjadi bagian internal pribadi peserta didik. Dari latar belakang tersebut memberikan dorongan kepada peneliti untuk melakukan eksplorasi guna mengungkap pokok permasalahan mengenai bagaimana pelaksanaan dan peran orangtua dan guru dalam implementasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an di SDIT LHI. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan dan memaparkan peranan guru dan orangtua dalam implementasi pendidikan karakter berbasis Al- Qur’an di SDIT LHI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan kajian analisis kualitatif dan pendekatan psikologi. Teknik penentuan sampel sumber data menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data adalah kepala sekolah, wali kelas, guru PAI, peserta didik, dan orangtua peserta didik. Pengumpulan data melalaui observasi, dokumentasi, dan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: 1) Implementasi pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an yang diterapkan di SDIT LHI terangkum dalam "Seven Strand Of The Curriculum". SDIT LHI menerapkan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an lewat proses pembelajaran dan program-program sekolah. Program sekolah yang termasuk dalam penerapan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an yakni: a) Program rutin harian antara lain Baca Tulis Hafal Cinta Al- Qur’an (BTHCQ), One Day One Ayah,Muroja’ah, Morning Motivation, Sholat Dhuha, Habit Training "Sholat Dhuhur Berjama’ah"; b) Program Pekanan antara lain Market Day, Star Of The Week, Reading Group, Bank Sampah, Pramuka, Upacara, Senam, dan Renang; c) Program yang menyesuaikan kebutuhan seperti Kantong Surga, Riyadhoh Qur’an, Outing and Fieldtrip. 2) Peranan orangtua dalam menerapkan pendidikan karakter berbasis Al-Qur’an adalah dengan mengajarkan tentang prinsip-prinsip ketuhanan dan menumbuhkan kebiasaan anak untuk beribadah dan berbuat baik. Sedangkan peranan guru difokuskan pada tiga peran sebagai pembimbing, model, dan penasihat. Sehingga proses pendidikan yang dialami peserta didik sebagai bentuk pengalaman pembentukan kepribadian melalui mengalami sendiri nilai-nilai kehidupan sebagai yang diajarkan dalam Al- Qur’an dan meneladani Rasulullah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Karakter, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:20
Last Modified: 05 Aug 2016 13:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum