PENGEMBANGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB ( ANALISIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF ) DI PONDOK PESANTREN AL AMIEN PUTRI PRENDUAN MADURA

RODIATUL MAGHFIROH, NIM. 1420411132 (2016) PENGEMBANGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB ( ANALISIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF ) DI PONDOK PESANTREN AL AMIEN PUTRI PRENDUAN MADURA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB ( ANALISIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF ) DI PONDOK PESANTREN AL AMIEN PUTRI PRENDUAN MADURA)
1420411132_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB ( ANALISIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF ) DI PONDOK PESANTREN AL AMIEN PUTRI PRENDUAN MADURA)
1420411132_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pakar yang mengatakan bahwa salah satu kelemahan dan kekurangan sistem pengajaran bahasa Arab di Indonesia adalah kurangnya latihan – latihan lisan secara intensif, sehingga sedikit sekali pelajar yang mampu mengutarakan pikiran dan perasaannya secara lisan. Selain itu disebutkan pula bahwasanya pelajar akan mampu mengungkapkan pikirannya secara lisan jika mampu mengusai ilmu nahwu dan sharraf. Sedangkan Pondok Pesantren Al Amien Putri Prenduan Madura menggunakan bahasa Arab dalam ranah yang luas tanpa terhalang oleh rasa takut akan ketidaksesuain dengan ilmu nahwu dan sharraf, bahkan menjadi salah satu bahasa komunikasi sehari – hari, serta sebagai bahasa perantara yang digunakan dalam kegiatan pelajaran keagamaan di dalam kelas. Penelitian ini berusaha untuk menjawab dua pokok permasalahan yaitu:1) Bagaimana pelaksanaan pengembangan keterampilan berbicara bahasa Arab dengan pendekatan komunikatif di Pondok Pesantren Al Amien Prenduan. 2) Apa sajakah kendala yang menghambat pengembangan keterampilan berbicara tersebut jika ditinjau dari pendekatan komunikatif dan bagaimanakah cara yang efketif untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah studi deskriptif kualitatif. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, Peneliti menggunakan beberapa tehnik dalam pengumpulan data, diantaranya: metode wawancara, observasi, dan dokumenatsi. . Dari hasil analisis data, maka diperoleh beberapa hasil penelitian sebagai berikut: 1) pelaksanaan pengembangan kemahiran berbicara bahasa Arab di Pondok Pesantren Al amien Putri Prenduan Madura meliputi kegiatan formal dan kegiatan non formal, adapun kegiatan formal tercangkup dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas yang meliputi materi – materi yang berhubungan dengan pengembangan kemahiran berbicara anta lain: muhadatsah, muthola`ah, nushus/mahfudzot, sedangkan kegiatan non formal tercangkup dalam kegiatan diluar kelas meliputi kegiatan – kegiatan kebahasaan yang bertujuan untuk pengembangan kemahiran berbicara antara lain: pelaksanaan tazwidul mufrodat, hiwar shobahi, tasyji` lughawi, demonstrasi bahasa, latihan pidato, drama bahasa Arab. Dari masing – masing kegiatan tersebut mengarah pada pengembangan kemahiran berbahasa terutama dalam kecakapan berbicara bahasa Arab.2) Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan tersebut antara lain : perbedaan psikolinguistik dan ragam bahasa itu sendiri. Sdangkan faktor pendukung dari pengembangan kemahiran berbicara antara lain: lingkungan, guru, pendidikan 24 jam, ishlahat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:28
Last Modified: 05 Aug 2016 13:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21486

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum