MODEL PEMBELAJARAN PAI BAGI WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL FATAH CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

ZAKARIYA AHMAD AZIZ AM, S PDI, NIM. 1420411141 (2016) MODEL PEMBELAJARAN PAI BAGI WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL FATAH CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PEMBELAJARAN PAI BAGI WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL FATAH CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
1420411141_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODEL PEMBELAJARAN PAI BAGI WARIA DI PONDOK PESANTREN WARIA AL FATAH CELENAN JAGALAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
1420411141_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Zakariya Ahmad Aziz AM, Model Pembelajaran PAI bagi waria di Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Celenan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Tesis.Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. 2016. Pondok pesantren waria ini memiliki posisi yang sangat strategis untuk menyampaikan dakwah Islam secara baik dan benar. Salah satunya sebagai wadah bertukar informasi dan memudahkan para santri pondok pesantren waria untuk mendapatkan materi Pendidikan Agama Islam. Akan disayangkan apabila dalam sistem pondok pesantren waria kurang lengkap komponennya yaitu belum adanya kurikulum, silabus dan alat ukur pembelajaran PAI, dengan demikian kurikulum, silabus dan alat ukur pembelajaran PAI bagi waria di pondok pesantren waria sangat penting kegunaannya. Hal ini sangat menarik untuk diteliti karena selama ini belum ada penelitian yang mengupas tentang model pembelajaran PAI bagi waria dipondok pesantren waria ini. Untuk itu peneliti menuliskan judul: Model Pembelajaran PAI Bagi Waria di Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Celenan, Jagalan, Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan, mengingat tema yang dibahas adalah tentang model pembelajaran PAI bagi waria di pondok pesantren waria. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan psikologi dengan menggunakan teorinya Abraham Maslow tentang kebutuhan, teorinya Zakiyah Darajat Spikologi agama tentang gejala-gejala prilaku agama dan teorinya Sutrisno tentang problem sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif, memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan check recheck dan cross checking. Hasil penelitian menunjukan: (1) Tidak ada model kurikulum podok pesantren waria dan silabus pembelajaran PAI serta alat ukur pembelajaran PAI bagi waria di pondok pesantren waria al-Fatah Celenan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. (2) Memberikan alternatif solusi model kurikulum pondok pesantren waria dan silabus pembelajaran PAI serta alat ukur pembelajaran PAI bagi waria di pondok pesantren waria al-Fatah Celenan, Jagalan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 13:31
Last Modified: 05 Aug 2016 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21488

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum