KONSEP KELUARGA MAṢLAḤAH MENURUT PENGURUS LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA (LKKNU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY)

MUJIBBURRAHMAN SALIM, NIM. 12350018 (2016) KONSEP KELUARGA MAṢLAḤAH MENURUT PENGURUS LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA (LKKNU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KELUARGA MAṢLAḤAH MENURUT PENGURUS LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA (LKKNU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY))
12350018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KELUARGA MAṢLAḤAH MENURUT PENGURUS LEMBAGA KEMASLAHATAN KELUARGA NAHDLATUL ULAMA (LKKNU) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (DIY))
12350018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)

Abstract

Keluarga dalam pandangan Islam memiliki nilai yang tidak kecil. Bahkan Islam menaruh perhatian besar terhadap kehidupan keluarga dengan meletakkan kaidah-kaidah yang arif guna memelihara kehidupan keluarga dari ketidakharmonisan dan kehancuran. Tidak dapat dipungkiri bahwa keluarga adalah pondasi utama dalam membangun masyarakat muslim yang kuat dan berintegritas. Selama ini, konsep keluarga yang diidam-idamkan oleh setiap keluarga muslim yaitu sebuah konsep keluarga yang sering kita sebut dengan konsep keluarga sakinah. Dibalik populernya konsep keluarga sakinah, sebenarnya salah satu organisasi Islam yaitu Nahdlatul Ulama (NU) juga menawarkan sebuah konsep keluarga idaman bagi seorang muslim, yaitu konsep keluarga maṣlaḥah. Konsep Keluarga maṣlaḥah sendiri sudah dirumuskan oleh LKK NU Pusat dan penjabaran lebih jauhnya lagi bergantung pada pelaksanaannya di daerah. Dalam karya tulis ini juga penyusun mendeskripsikan sejauh mana pengembangan yang telah dilakukan oleh pengurus LKK NU DIY terhadap konsep keluarga maṣlaḥah yang sudah dirumuskan oleh LKK NU Pusat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang dikumpulkan tidak berwujud angka tetapi dengan menggunakan kata. Penyusun dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu penelitian yang dilakukan di Kantor Pengurus Lembaga Kemaslahatan Keluarga (LKK) Nahdlatul Ulama (NU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan bersifat deskriptif analisis. Adapun tehnik interview yang digunakan adalah interview bebas terpimpin, yaitu penyusun menyiapkan catatan pokok agar tidak menyimpang dari garis yang telah ditetapkan untuk dijadikan pedoman dalam mengadakan wawancara. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah normatif. Pendekatan normatif adalah terkait penggunaan dalil-dalil dari nash baik al-Quran maupun Hadis, serta pendapat ulama dalam kitab fikih konvensional. Kemudian setelah penyusun melakukan Penelitian, dalam menganalisis data penyusun menggunakan analisis deduktif, yaitu cara berfikir yang berangkat dari teori atau kaidah yang ada. Kesimpulan dari penelitian yang penyusun lakukan terhadap konsep keluarga maṣlaḥah menurut LKK NU DIY adalah keluarga yang bahagia yang kebutuhan pokoknya terpenuhi serta juga dapat berperan penting di tengah masyarakat. Unsur-unsur Pembentukan keluarga maṣlaḥah adalah maṣāliḥ usroh dan maṣāliḥ ‘āmmah. Pengembangan konsep keluarga maṣlaḥah oleh pengurus LKK NU DIY ada pada bidang ekonomi keluarga yang kesemuanya memiliki landasan normatif yang sesuai dengan konsep hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. K.H. MALIK MADANY, M.A.
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Aug 2016 12:26
Last Modified: 08 Aug 2016 12:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum