TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERAN KUA DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI DI DESA GIRIHARJO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL)

MUHAMMAD SHOLIHIN AZIS, NIM. 12350022 (2016) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERAN KUA DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI DI DESA GIRIHARJO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERAN KUA DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI DI DESA GIRIHARJO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
12350022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PERAN KUA DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (STUDI DI DESA GIRIHARJO KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL))
12350022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)

Abstract

Perkawinan adalah suatu ikatan suci dan kuat (mitsa�qon gali�za) yang dilakukan oleh seorang laiki-laki dan perempuan. Untuk mendapatkan ketentraman jiwa, keturunan dan hubungan keterikatan yang sah dalam berkeluarga agar tercapainya tujuan yang sakral dan mulia, yaitu keluarga ideal (keluarga sakinah). Pembentukan keluarga sakinah meniscayakan adanya upaya atau proses yang harus dijalani oleh pasangan baik pra nikah atau pasca nikah yang bersifat kontinyu. Proses tersebut tidak hanya cukup dengan meningkatkan kualitas pemahaman akan urgensi perkawinan saja, namun harus diwujudkan melalui tindakan yang nyata dalam kehidupan keluarga seperti proses transformasi ilmu tentang pembentukan keluarga sakinah yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis. Pembentukan keluarga sakinah secara tidak langsung juga diperankan oleh peran KUA dalam masyarakat Desa Giriharjo. Realitas ini dapat dimaknai sebagai wujud terjadinya proses agar terbentuknya keluarga sakinah dengan adaanya, wujud kerjasama antara peran KUA dan warga masyarakat dalam meminimalisir angka perceraian. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, observasi, dan interview untuk mengetahui secara langsung bagaimana realitas peran KUA dalam pembentukan keluarga sakinah di Desa Giriharjo. Penyusun mengunakan analisis data kualitatif dengan kerangka berpikir induktif-deduktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Normatif, yaitu cara mendekati masalah yang di teliti dengan berdasarkan teks al-Qur’an, Hadist, Kaidah Ushul Fiqih. Kesimpulan penelitian ini adalah Peran KUA Panggang Kabupaten Gunungkidul dalam membentuk keluarga sakinah, secara tidak langsung mempunyai posisi yang penting sehingga mampu mengendalikan situasi, kondisi masyarakat dan mampu berpengaruh kepada kemajuan masyarakat khususnya tentang pembentukan keluarga sakinah. Peran tersebut dapat dilihat yaitu: pertama,meningkatkan pelayanan prima dalam pencatatan nikah dan rujuk. Kedua, mengembangkan keluarga sakinah. Ketiga, pencapaian terwujudnya keluarga sakinah. Tujuannya agar pasangan dalam membina rumah tangga tidak terjadi percecokan dan perselisihan. Dilihat dari analisis hukum Islam, maka terlihat jelaslah bahwa peran KUA memiliki manfaat dan tidak keluar dari hukum Islam. Konsep hukum Islam tentang masalah perkawinan dalam konteks pembentukan keluarga sakinah baik yang berasal dari Al-Qur’an maupun Hadis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DRS. H. ABU BAKAR ABAK, MM
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Aug 2016 13:48
Last Modified: 08 Aug 2016 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21514

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum