ANALISIS MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TERHADAP BENTUK PERLINDUNGAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA)DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN PADA ANAK DAN PEREMPUAN (STUDI DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA) 2013-2015

SYARIF HUSEIN POHAN, NIM. 12350042 (2016) ANALISIS MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TERHADAP BENTUK PERLINDUNGAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA)DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN PADA ANAK DAN PEREMPUAN (STUDI DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA) 2013-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TERHADAP BENTUK PERLINDUNGAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA)DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN PADA ANAK DAN PEREMPUAN (STUDI DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA) 2013-2015)
12350042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MAQÂŞID ASY- SYARI’AH TERHADAP BENTUK PERLINDUNGAN PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK (P2TPA)DALAM MENANGANI KORBAN KEKERASAN PADA ANAK DAN PEREMPUAN (STUDI DI REKSO DYAH UTAMI YOGYAKARTA) 2013-2015)
12350042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Anak adalah amanah dan karunia tuhan yang Maha Esa yang wajib dirawat dan dilindungi. Menurut KHA (Konvensi Hak Anak), berpendapat bahwa anak adalah mereka yang berumur di bawah 18 tahun. Di dalam diri anak terdapat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya. P2TPA RDU Yogyakarta salah satu Lembaga yang mendapat tugas oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memberikan perlindungan kepada anak korban kekerasan. Permasalahan Pokok yang menjadi pokok peneletian adalah (1) bagaiamana bentuk Perlindungan yang diberikan P2TPA RDU Yogyakarta terhadap anak korban kekerasan? (2) bagaiamana tinjauan Hukum Islam Terhadap peraktik Perlindungan anak korban kekerasan? Penelitian ini termasuk kategori penelitian field research yaitu penelitian dengan data yang diperoleh dari P2TPA"RDU" kegiatan lapangan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi secara langsung dan wawancara kepada bidang pengasuh anak dalam bentuk tertulis dan lisan, kepada pihak pimpinan, para pengasuh dan staf yang ada di P2TPA"RDU" Yogyakarta. Sifat penelitian ini adalah preskriptif yaitu penelitian yang ditunjukan untuk mendapat gambaran perlindungan anak korban kekerasan yang dilakukan oleh pimpinan dan para pengasuh P2TPA RDU sudah sesuai dengan ketentuan maqâsid asy-syari’ah, dan undang-undang perlindungan anak. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan Normatif dan yuridis. Pendekatan normatif yaitu berlandaskan al-Qur‟an, al-Hadis dan kaidah kaidah fiqh. Pendekatan yuridis berlandaskan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan. Analisis data penelitian ini, menggunakan metode analisis induktif deduktif, yaitu analisis yang bertolak pada data yang bersifat khusus, kemudian diambil penjabaran yang bersifat umum, yakni dengan melihat proses perlindungan anak korban kekerasan di RDU, kemudian dianalisis dengan sudut pandang hukum Islam dengan menguatkan teori maqâsid asysyari’ah. Hasil analisis perlindungan anak korban kekerasan yang dilakukan oleh para pengasuh dan pimpinan, diwujudkan dengan: dilindungi kerohaniannya untuk memperoleh keyakinan dalam beragama. Dilindungi Psikisnya untuk kehidupan jiwa dengan dipenuhi kebutuhan jasmani. Dilindungi Pisik untuk kehidupan akalnya dengan dipenuhi pendidikannya. Dilindungi Sosila anak korban kekerasan dari penganiayaan oleh orang tuanya sendiri, dengan dibina dan dirawat. Diberikan perlindungan hukum untuk didampingi sampai kepengadilan.Perlindungan yang dilakukan oleh pimpinan dan para pengasuh Rekso Dyah Utami Yogyakarta sesuai dengan maqâsid asy syari’ah, mencakup 3 unsur pokok: Perlindungan terhadap kerohanian anak untuk memperoleh kenyakinan dalam beragama (hifz din), Perlindungan terhadap Psikis anak dengan dipenuhi keamanan dari kejahatan pisik(hifz nafs), perlindungan terhadap Fisik anak dengan diperoleh kebutuhan pendidikannya (hifz‘aql).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SITI DJAZIMAH, S.Ag., M.S.I.
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Aug 2016 13:54
Last Modified: 08 Aug 2016 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21517

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum