MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL AL-ANAB KOTAGEDE YOGYAKARTA

Noor Laili Zahara, NIM.: 04410808 (2008) MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL AL-ANAB KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL AL-ANAB KOTAGEDE YOGYAKARTA)
04410808_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL AL-ANAB KOTAGEDE YOGYAKARTA)
04410808_BAB II sampai BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar TK ABA Al-Anab Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi dengan dua modus, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk-bentuk media yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agam Islam TK ABA Al-Anab Kotagede Yogyakarta yaitu media Papan Tulis, Media Gambar, Media Grafis berupa Bagan, Media Majalah, Buku Iqro’, Lingkungan, Kotak infaq dan Peralatan kebersihan. (2) Penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam dilakukan dengan cara ditempel pada dinding area agama, di pasang ditengah kelas, diletakkan pada area agama, serta penggunaan media dengan cara praktek ibadah secara individual. Penggunaan madia tersebut disesuaikan dengan metode quot;Tiga Serangkai quot; yaitu meniru, menghafal dan membiasakan. Penggunaan media dalam proses pembelajaran dilibatkan dengan cara, siswa diminta untuk memperhatikan media yang telah dipasang di dalam kelas dan juga memperhatikan peragaan yang dilakukan oleh guru. Dengan memperhatikan media secara langsung tersebut, siswa akan lebih memahami karena siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing: Drs. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Media Pembelajaran
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.33 Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Oct 2024 14:27
Last Modified: 15 Oct 2024 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2154

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum