UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTsN GONDOWULUNG BANTUL

Nur Mukhlis, NIM.: 04410787 (2008) UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTsN GONDOWULUNG BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTsN GONDOWULUNG BANTUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENGEMBANGKAN BIDANG STUDI AQIDAH AKHLAK DI MTsN GONDOWULUNG BANTUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bidang studi akhlak di MTsN Gondowulung, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh guru bidang studi akhlak dalam mengembangkan bidang studi akhlak di MTsN Gondowulung. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi dunia Pendidikan Agama Islam, khususnya tentang pengajaran akidah akhlak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan kualitatif, yang sifat penelitian yang digunakan ini adalah deskriptif analisis, maksudnya menjabarkan dan menganalisis segala fenomena yang terjadi dari hasil penelitian yang diperoleh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Dalam implementasi pembelajaran bidang studi Aqidah Akhlak, guru lebih mengedepankan aspek afektif dengan pendekatan keimanan, pembiasaan dan keteladanan karena aspek dan pendekatan ini yang dirasa lebih efektif dalam pembelajaran khususnya bidang studi Aqidah Akhlak di MTsN Gondowulung Bantul. (2) Pengembangan bidang studi Aqidah Akhlak di MTsN Gondowulung juga memiliki perbedaan dalam tingkatannya dari kelas VII sampai dengan kelas IX, yaitu; perbedaan yang mendasar dalam pengembangan tersebut mulai dari aspek yang dituju dan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. (3) Guru menjadi siap dalam melakukan pembelajaran karena sudah dapat membuat perencanaan setiap awal tahun ajaran sehingga dalam menentukan strategi dan metode pembelajaran bisa cocok walaupun dalam prakteknya terkadang juga ada beberapa metode yang kurang cocok (4) Faktor yang menghambat dalam pengembangan adalah kurangnya sarana dan prasaran pembelajaran serta penggunaan yang sesuai dengan kurikulum, seperti buku paket guru dan siswa serta buku penunjang serta lambatnya pemerintahan memberikan penyuluhan kepada para guru dengan adanya penyempurnaan kurikulum dari KBK menjadi KTSP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Guru, Pembelajaran Aqidah Akhlak, PAI
Subjects: 200 Agama > 297 Agama Islam > 297.77 Pendidikan Agama Islam (Sekolah Islam, Pondok Pesantren, TPA, TPQ)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Apr 2025 14:04
Last Modified: 21 Apr 2025 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2156

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum