STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BUKU TERAPI KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN METODE PRAKTIS NLP KARYA IBRAHIM ELFIKY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI

VIONA, NIM. 09410034 (2016) STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BUKU TERAPI KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN METODE PRAKTIS NLP KARYA IBRAHIM ELFIKY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BUKU TERAPI KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN METODE PRAKTIS NLP KARYA IBRAHIM ELFIKY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI)
09410034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI DALAM BUKU TERAPI KOMUNIKASI EFEKTIF DENGAN METODE PRAKTIS NLP KARYA IBRAHIM ELFIKY DAN RELEVANSINYA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PAI)
09410034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)

Abstract

VIONA. Strategi Komunikasi dalam Buku Terapi Komunikasi Efektif dengan Metode Praktis NLP karya Ibrahim Elfiky dan Relevansinya terhadapProses Pembelajaran PAI. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah komunikasi merupakan bagian penting dalam kehidupan terutama dalam proses pembelajaran.Realita menunjukkan bahwa proses pembelajaran PAI yang dilakukan selama ini masih menggunakan caracara lama (tradisonal) yaitu ceramah dengan dominasi komunikasi satu arah sehingga proses pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan perubahan dalam sistem pembelajaran dan NLP dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi masalah komunikasi dalam pembelajaran khususnya Pendidikan Agama Islam.Penelitian ini bertujuan; 1) Mendeskripsikan Strategi Komunikasi dalam buku Terapi Komunikasi Efektif dengan Metode Praktis NLPkarya Ibrahim Elfiky. 2) Mendeskripsikan relevansi NLPdalam proses pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), yang bertumpu pada kajian dan telaah teks.Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi yaitu dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber literatur yang berhubungan dengan penelitian yang dilaksanakan.Penyajian datanya dilakukan secara kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi dalam Buku Terapi Komunikasi Efektif dengan Metode Praktis NLP merupakan langkahlangkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan komunikasi yang efektif dengan caramemanfaatkan keterampilan penggunaan bahasa.Implementasinya adalah dengan mencocokkan bahasa yang sesuai dengan preferensi sensori/gaya belajar, baik secara verbal maupun non verbal sehingga dapat mempengaruhi pola pikir, perasaan, dan tindakanagar menjadi lebih baik/positif.Strategi komunikasi tersebut terdiri dari 10 langkah yaitu: mendengarkan, melepaskan diri dari masalah, bersikap empati, memperhatikan dan mencocokkan, memperjelas dan memimpin, mengungkapkan dengan kata-kata sendiri, membatasi, chunk up, chunk down, dan menuju solusi.NLP cukup relevan denganproses pembelajaran PAI yaitu relevan dengan tujuan pembelajaran PAI, relevan dengan guru, dan relevan dengan metode pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr Muqowim, M.Ag
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, NLP, pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Aug 2016 10:46
Last Modified: 10 Aug 2016 10:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21576

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum