NILAI-NILAI KERJA KERAS DALAM NOVEL PURNAMA DARI TIMUR SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI

NUR SETIAWAN, NIM. 10410057 (2016) NILAI-NILAI KERJA KERAS DALAM NOVEL PURNAMA DARI TIMUR SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI KERJA KERAS DALAM NOVEL PURNAMA DARI TIMUR SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI)
10410057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI KERJA KERAS DALAM NOVEL PURNAMA DARI TIMUR SEBAGAI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI)
10410057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NUR SETIAWAN. Nilai-Nilai Kerja Keras dalam Novel Purnama dari Timur Sebagai Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kondisi tenaga pendidikan saat ini yang mulai kehilangan semangat kerja keras. Seharusnya guru sebagai tenaga pendidikan menjadi garda depan dalam memajukan dunia pendidikan. Namun dari pihak yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan malah terdapat diantara mereka yang menunjukkan perilaku lemahnya semangat dalam bekerja keras. Hal ini menunjukkan bahwa guru kurang menyadari akan pentingnya kompetensi yang harus dimiliki bagi seorang pendidik. Adanya sertifikasi guru yang diharapkan untuk mewujudkan pendidikan nasional yang berkualitas dan juga menciptakan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang profesional pada kenyataannya belum bisa dilihat secara maksimal. Atas dasar hal tersebut, guru PAI dituntut untuk dapat meningkatkan kualitas kompetensi dengan menambah wawasan sebagai bentuk upaya pengembangan kompetnsi guru PAI. Salah satunya dengan cara membaca karya sastra yang mengandung unsur nilai pendidikan seperti yang terkandung dalam novel Purnama dari Timur. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran nilai-nilai kerja keras dalam novel Purnama dari Timur sebagai pengembangan kompetensi guru PAI agar dapat memberikan dorongan dan semangat agar menjadi guru PAI yang berkompeten dan profesional. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), yakni jenis penelitian yang berusaha menghimpun data penelitian dari khasanah literatur dan menjadikan "dunia teks" sebagai objek utama analisisnya. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Konsep nilai kerja keras dalam novel Purnama dari Timur terdiri dari: (1) konsep nilai ketekunan, (2) konsep nilai ketelitian, (3) konsep nilai kreativitas, (4) konsep nilai kedisiplinan, (5) konsep nilai kesabaran. adapun peran nilai-nilai kerja keras dalam novel Purnama dari Timur sebagai pengembangan kompetensi guru PAI adalah: (1) guru PAI sebagai tenaga pendidik mampu menetapkan tujuan pendidikan yang akan dicapai, (2) memiliki pengetahuan yang mencukupi mengenai metodepembelajaran, (3) mampu mempergunakan alat bantu untuk menunjang proses pembelajaran, (4) mampu menetapkan cara penilaian hasil evaluasi sesuai target yang akan dicapai. Guru PAI dituntut untuk mempunyai kemampuan dalam menunjang proses pembelajaran yang berupa kompetensi pedagogi, sosial, kepribadian, profesional, dan kepemimpinan sehingga dapat melanjutkan tugas suci dalam proses regenerasi umat Islam yang menjunjung tinggi nilai-nilai kerja keras yang sanggup menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Aug 2016 10:50
Last Modified: 10 Aug 2016 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum