PENGARUH STRATEGI INFORMAL DEBATE TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016

MIFTAHURRIZQI, NIM. 11410062 (2016) PENGARUH STRATEGI INFORMAL DEBATE TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH STRATEGI INFORMAL DEBATE TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016)
11410062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH STRATEGI INFORMAL DEBATE TERHADAP PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 SRANDAKAN TAHUN AJARAN 2015 / 2016)
11410062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MIFTAHURRIZQI. Pengaruh Strategi Informal Debate Terhadap Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas XI IPA SMA N 1 Srandakan Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunana Kalijaga, 2016. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah dalam proses pembelajaran, diantaranya kesulitan dalam mengerti, memahami, maupun mengingat suatu materi. Di kelas XI IPA SMA N 1 Srandakan guru hanya menggunakan metode konvensional yaitu ceramah sehingga siswa malas dan bosan dalam mengikuti pembelajaran. Tugas guru adalah sebagai fasilitator yang harus beranggung jawab terhadap kesuksesan belajar. Ketepatan media atau metode dengan materi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar sehingga peneliti menerapkan suatu metode yang dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket, dan teknik tes. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi, tanggapan siswa dan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran metode informal debate dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah) serta perbedaan dan hasil dari keduanya. Populasi yang digunakan yaitu dengan sampel jenuh atau penuh yang diambil dari semua siswa kelas XI IPA SMA N 1 Srandakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Tingkat partisipasi siswa dari kelas yang menggunakan metode Informal Debate memperoleh hasil Uji thitung 3,3814 ttabel 2,0195, hal ini menunjukkan bahwa tingkat partisipasi siswa yang menggunakan pembelajaran metode Informal Debate lebih baik daripada pembelajaran konvensional. 2) Tanggapan siswa dari kelas yang menggunakan metode Informal Debate memperoleh hasil Uji thitung 12,9838 ttabel 2,0195, hal ini menunjukkan bahwa tanggapan siswa dari pembelajaran yang menggunakan metode Informal Debate lebih baik daripada pembelajaran konvensional. 3) Hasil belajar siswa dari kelas yang menggunakan metode Informal Debate memperoleh hasil Uji thitung 4,6857 ttabel 2,0195, hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran PAI dengan menggunakan metode informal debate dapat meningkatkan hasil belajar daripada pembelajaran konvensional pada kelas XI IPA SMA Srandakan tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi informal debate, partisispasi, hasil belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:09
Last Modified: 10 Aug 2016 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum