PENDIDIKAN TAUHID MELALUI PENDEKATAN SAINS MENURUT HARUN YAHYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PENANAMAN KEIMANAN

ZAIN NUR FUAD, NIM. 11410068 (2016) PENDIDIKAN TAUHID MELALUI PENDEKATAN SAINS MENURUT HARUN YAHYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PENANAMAN KEIMANAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN TAUHID MELALUI PENDEKATAN SAINS MENURUT HARUN YAHYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PENANAMAN KEIMANAN)
11410068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN TAUHID MELALUI PENDEKATAN SAINS MENURUT HARUN YAHYA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP METODE PENANAMAN KEIMANAN)
11410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ZAIN NUR FUAD. Pendidikan Tauhid Melalui Pendekatan Sains Menurut Harun Yahya Serta Implikasinya Terhadap Metode Penanaman Keimanan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya pendidikan tauhid diajarkan melalui disiplin ilmu agama. Namun kenyataannya, Harun Yahya mengajarkan pendidikan tauhid melalui disiplin sains. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan tauhid melalui pendekatan sains menurut Harun Yahya dan bagaimana implikasinya terhadap metode penanaman keimanan. Tujuan penelitian ini mengetahui pendidikan tauhid melalui pendekatan sains menurut Harun Yahya dan melakukan implikasi terhadap metode penanaman keimanan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan filosofis. Sumber data primer yang digunakan yaitu karya Harun Yahya dalam bentuk buku cetak maupun e-book tentang pendidikan tauhid. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Validasi data menggunakan kredibilitas data dengan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pendidikan tauhid melalui pendekatan sains menurut Harun Yahya yaitu upaya dalam membimbing akal dan hati untuk mengenal dan mengesakan Allah melalui kaidah ilmu pengetahuan (sains). Tujuannya sebagai pengembangan fitrah manusia dengan mengkaji, dan memahami fenomena di alam semesta guna menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa. Ruang lingkup materi yaitu berkaitan dengan keajaiban di dalam tubuh manusia, keajaiban di dalam penciptaan hewan dan tumbuhan, serta keajaiban fenomena di alam semesta. Prinsip-prinsip utamanya yaitu sains dan agama harus sejalan, menggunakan wahyu (Alquran) sebagai pedoman dan petunjuk, menggunakann akal sebagai alat untuk berpikir, serta alam semesta sebagai tandatanda keberadaan-Nya. Kriteria seorang pendidik dan peserta didik harus memiliki dua kecerdasan utama, yaitu kecerdasan intelektual dan spiritual. Metode yang digunakan Harun Yahya adalah perumpamaan, tanya jawab dan pengamatan. Sedangkan media yang digunakan yaitu Alquran, buku, alam fisik dan peraga iptek. 2) Implikasi pendidikan tauhid melalui pendekatan sains dihadapkan pada pemahaman keagamaan dan metode mengajarkan keimanan. Implikasi terhadap pemahaman keagamaan yaitu melalui pendekatan sains, agama Islam dapat dipahami secara positivistik. Implikasi terhadap metode mengajarkan keimanan yaitu penanaman keimanan dilakukan melalui pendekatan sains dengan metode tadabbur dan tafakur alam serta metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Aug 2016 11:13
Last Modified: 10 Aug 2016 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21583

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum