PENGARUH PERILAKU ETIS DALAM PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH

MOH. NASUKA, 07.32.611 (2016) PENGARUH PERILAKU ETIS DALAM PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH. Project Report. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERILAKU ETIS DALAM PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH)
MOH. NASUKA-PENGARUH PERILAKU ETIS DALAM PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH-dISERTASI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun model konseptual dan empirik pengaruh perilaku etis dalam pemasaran, kepuasan nasabah dengan layanan inti, kepuasan nasabah dengan bank syariah, kepercayaan nasabah kepada tenaga penjualan, kepada nasabah kepada bank syariah, dalam meningkatkan loyalitas nasabah bank syariah. Penelitian ini berbeda dengan penelitian sebelumnya. Penelitian ini mengembangkan model teoretis baru yaitu perilaku etis pemasaran yang diprediksi memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah bank syariah dan mengintegrasikan variabel kepercayaan nasabah kepada tenaga penjualan. Model pengukuran perilaku etis pemasaran dalam penelitian ini dibangun dengan pendekatan konsep Islamic Marketing Terdapat enam variabel dalam penelitian ini, yaitu perilaku etis tenaga penjualan berbasis etika Islam, kepuasan nasabah dengan layanan inti, kepuasan nasabah dengan bank syariah, kepercayaan nasabah kepada tenaga penjualan, kepercayaan nasabah kepada bank syariah, dan loyalitas nasabah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari 165 nasabah bank syariah di Semarang, Surakarta, dan Banyumas, dengan menggunakan metode purposive sampling. Untuk teknik pengujian model penenelitian, menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini terdiri dari dua belas temuan. Pertama, perilaku tenaga penjualan berbasis etika Islam berhubungan positif dan signitikan dengan kepuasan nasabah dengan layanan inti secara sempurna (perfect fit). Kedua, perilaku tenaga penjualan berbasis etika Islam berhubungan positif dan signifikan dengan kepuasan nasabah dengan bank syariah secara sempurna (perfect fit). Ketiga, perilaku tenaga penjualan berbasis etika Islam berhubungan positif dan signifikan dengan kepercayaan nasabah kepada tenaga penjualan. Keempat, perilaku tenaga penjualan berbasis etika Islam berhubungan positif dan signifikan dengan kepercayaan nasabah kepada bank syariah. Kelima, perilaku tenaga penjualan berbasis etika Islam dalam hubungan langsung memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas nasabah, walaupun tingkat signifikansinya kurang kuat. Akan tetapi, dalam hubungan tidak langsung setelah melalui media kepuasan nasabah dengan layanan inti, kepuasan nasabah dengan bank syariah, kepercayaan nasabah kepada tenaga penjualan, dan kepercayaan nasabah kepada bank syariah memiliki pengaruh yang kuat terhadap loyalitas nasabah. Keenam, kepuasan nasabah dengan layanan inti berhubungan positif dan signifikan dengan kepuasan nasabah dengan bank syariah. Ketujuh, kepuasan nasabah dengan layanan inti berhubungan positif dan signifikan dengan loyalitas nasabah. Kedelapan, kepuasan nasabah dengan bank syariah berhubungan positif dan signifikan dengan loyalitas nasabah. Kesembilan, kepuasan nasabah dengan bank syariah memiliki pengaruh positif terhadap kepercayaan nasabah kepada bank syariah, namun tingkat pengaruhnya kurang kuat. Kesepuluh, kepercayaan nasabah kepada tenaga penjualan berhubungan positif dan signifikan dengan kepercayaan nasabah kepada bank syariah. Kesebelas, kepercayaan nasabah kepada tenaga penjualan berhubungan positif dan signifikan dengan loyalitas nasabah. Kedua belas,kepercayaan nasabah kepada bank syariah berhubungan positif dan signifikan dengan loyalitas nasabah. Dengan demikian, temuan baru ini memperkuat model teoretis yang dibangun dalam disertasi ini, bahwa perilaku etis pemasaran dalam persektif Islam yang dibangun dengan pendekatan konsep Islamic Marketing merupakan elemen peting dalam meningkatkan kepuasan dan kepercayaan nasabah, dan pada akhimya secara tidak langsung meningkatkan loyalitas nasabah bank syariah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Musa Asy'arie 2. Drs. Anas Hidayat., MBA.,Ph,D.
Uncontrolled Keywords: Islamic Marketing, Perilaku Etis Tenaga Penjualan, Kepuasan Nasabah, Kepercayaan Nasabah, dan Loyalitas Nasabah.
Subjects: Keuangan Syariah
Divisions: Pascasarjana > Ringkasan Disertasi > Ilmu Agama Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 10 Aug 2016 14:12
Last Modified: 10 Aug 2016 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21585

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum