PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SAHARA SINGAPARNA TASIKMALAYA

SANSAN RAHMAT SADELI NIM. 04410768, (2009) PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SAHARA SINGAPARNA TASIKMALAYA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendekatan Beyond Centers And Circle Time pada Pendidikan Agama Islam yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini (PAUD) Sahara yang berkedudukan di Singaparna Tasikmalaya beserta hasil yang dicapai dari pelaksanaannya. Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi bahan untuk mengembangkan pendidikan anak usia dini yang merupakan pondasi awal bagi anak untuk menjalankan pendidikan pada jenjang selanjutnya dengan sebaik-baiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar PAUD Sahara yang berkedudukan di Singaparna Tasikmalaya. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari data yang didapat, kemudian dianalisis dan disimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendekatan BCCT di PAUD Sahara sudah dapat disesuaikan dengan baik dalam pendidikan agama Islam. Pembelajaran dilakukan di enam sentra yang telah diseting dan proses pembelajaran dilakukan dengan metode bermain sambil belajar. Setiap sentra ini memiliki tujuan agar anak matang dalam suatu bidang tertentu, yang mana satu sentra dengan sentra yang lain berbeda tetapi tetap saling mendukung. Ajaran agama Islam diajarkan secara integratif dan aplikatif, sehingga anak diarahkan untuk mempu melakukan dalam kehidupannya sehari-hari. Ajaran agama Islam tidak hanya diberikan pada saat anak berada di sentra keagamaan (sentra ibadah anugrah Allah), tetapi diajarkan di seluruh sentra bahkan di luar senta, selama anak perlu diajari dan dibimbing. Hasil dari penerapan pendekatan BCCT pada pendidikan agama Islam dapat terlihat dari sudah mulai tertanamnya ajaran agama Islam dengan baik pada anak di PAUD Sahara. Anak mampu melaksanakan sholat dengan baik, mampu berwudlu, mampu membuang sampah pada tempatnya, dan mempu bertata krama dengan baik dengan guru, orang tua, dan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendekatan, Beyond Centers and Circle Time, Pendidikan Agama Islam, Anak, Usia Dini
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2164

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum