PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SELISIH HARGA PADA LABEL DISPLAY DAN KASIR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA DUA DAN SUPER INDO YOGYAKARTA

NOVIA YULIANTI AZALI, NIM. 12340015 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SELISIH HARGA PADA LABEL DISPLAY DAN KASIR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA DUA DAN SUPER INDO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SELISIH HARGA PADA LABEL DISPLAY DAN KASIR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA DUA DAN SUPER INDO YOGYAKARTA)
12340015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP SELISIH HARGA PADA LABEL DISPLAY DAN KASIR BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (STUDI KASUS DI SUPERMARKET PAMELLA DUA DAN SUPER INDO YOGYAKARTA)
12340015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (959kB)

Abstract

Konsumen merupakan pemakai atau pengguna dari suatu produk barang maupun jasa. Sebagai pengguna produk barang atau jasa, tentunya konsumen memiliki hak-hak khusus yang harus dilindungi dan hak-hak tersebut telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Seperti yang diketahui bahwa posisi tawar konsumen yang cenderung lebih lemah dibandingkan dengan produsen menyebabkan hak-haknya rentan untuk dilanggar. Salah satu pelanggaran hak konsumen yang sering kali terjadi yaitu pelanggaran terhadap hak atas informasi yang benar. Hal ini berkaitan dengan informasi harga yang tertera pada label display, yang sering kali ditemukan perbedaan dengan harga yang dikenakan pada saat pembayaran di kasir. Perbedaan harga tersebut tentunya menimbulkan kerugian bagi konsumen karena biaya yang dikeluarkan melebihi beban yang telah diperhitungkan sebelumnya. Berdasakan alasan yang dikemukakan tersebut, maka dirumuskan pokok permasalahan dari penelitian ini yakni apa perlindungan hukum yang diberikan oleh UUPK terhadap selisih harga, dan apakah perlindungan yang diberikan oleh pihak supermarket kepada konsumen sudah sesuai dengan ketentuan dalam UUPK dan peraturan perundang-undangan lain yang berkaitan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu dilakukan dengan mengambil data primer langsung dari narasumber di lapangan berupa kuesioner yang ditujukan kepada konsumen selaku pengunjung supermarket, serta dengan melakukan wawancara langsung kepada pihak supermarket dan pegawai dari lembaga BPSK terkait dengan perlindungan hakhak konsumen yang diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen dimana fokus utama permasalahan yang diangkat mengenai selisih harga yang disebabkan oleh ketidaksesuian harga yang tertera di label display (rak barang) dengan harga yang dikenakan pada saat pembayaran di kasir. Adapun objek dari penelitian ini dilakukan pada dua supermarket berbeda di kota Yogyakarta yakni tepatnya padaSupermarket Pamella Dua dan Super Indo. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlindungan hukum yang diberikan UUPK terhadap selisih harga, bersifat preventif dan represif. Supermarket Pamella Dua lebih cenderung memberikan perlindungan hukum yang bersifat represif yaitu bentuk perlindungan hukum yang lebih ditujukan dalam proses penyelesaian sengketa, meskipun dalam pelaksanaannya belum sempurna. Bentuk perlindungan yang diberikan Supermarket Pamella Dua tersebut dinilai sudah sesuai yakni dengan memberikan harga terendah sesuai dengan yang tercantum dalam Pasal 7 Permendag No. 35 Tahun 2013 tentang Pencantuman Harga Barang dan Tarif Jasa Yang Diperdagangkan, sedangkan untuk Super Indo perlindungan hukum yang diberikan dinilai belum sesuai, hal ini dapat disimpulkan dari keterangan konsumen yang mengajukan keluhan atas selisih harga namun tidak ada satupun dari konsumen tersebut yang diberikan harga terendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. LINDRA DARNELA, S.AG., M.HUM 2. DR. AHMAD BAHIEJ, S.H., M.HUM
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Selisih Harga
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Aug 2016 08:34
Last Modified: 18 Aug 2016 08:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum