KONSEP HUKUM PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI

MUHAMMAD ADIL MUKTAFA, NIM. 12340042 (2016) KONSEP HUKUM PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP HUKUM PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI)
12340042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP HUKUM PEMERINTAH INDONESIA DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI)
12340042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia sebagai sebuah negara kesejahteraan dan negara hukum wajib berperan aktif dalam melindungi warga negaranya yang bekerja di luar negeri, tentang kewajiban pemeritah ini dituangkan dalam Undang-undang Dasar 1945 baik di pembukaan ataupun di pasal-pasalnya yang kemudian dijelaskan lebih lanjut di dalam Undang-undang Nomor 39 Tahun 2004 Tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri (UUP2TKLN). Dalam kenyataannya, masih banyak terjadi permasalahan terhadap TKI di luar negeri sampai saat ini. Sehingga konsep perlindungan pemerintah Indonesia dalam UUP2TKLN dipertanyakan. Skripsi ini mengkaji tentang sejauh mana konsep hukum pemerintah Indonesia dalam melindungi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Skripsi ini disusun dengan menggunakan jenis penelitian library research yang bersifat yuridis-analitik, dengan dasar kerangka teoritik negara kesejahtraan, negara hukum, dan teori perlindungan hukum. penyusun menguraikan, menjelaskan dan kemudian menganalisa peraturan perundang-undangan sesuai dengan hirarki peraturan perundang-undangan, sehingga mendapatkan kesimpulan tentang konsep hukum pemerintah Indonesia dalam melindungi TKI yang sedang bekerja di luar negeri. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintah Indonesia dalam melindungi TKI yang sedang bekerja di luar negeri jika di tinjau dari teori perlindungan hukum, dibagai dalam 2 bentuk perlindungan, pertama, perlindungan hukum preventif, dimana pemeritah melakukan pengawasan dan pembinaan, kedua perlindungan hukum refresif yaitu pemerintah memberikan bantuan hukum kepada TKI yang bermasalah, bantuan dan perlindungan kekonsuleran, pembelaan atas pemenuhan hak-hak TKI dan perlindungan dan bantuan lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebiasaan internasional. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. ISWANTORO, S.H., M.H 2. MANSUR, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Konsep Hukum Perlindungan Peerintah terhadap TKI
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Aug 2016 11:05
Last Modified: 18 Aug 2016 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21649

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum