PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KLIEN ANAK YANG MEMPEROLEH PEMBEBASAN BERSYARAT ( STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KELAS 1 ) YOGYAKARTA

AISYAH ASIH PURWANDI, NIM. 12340075 (2016) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KLIEN ANAK YANG MEMPEROLEH PEMBEBASAN BERSYARAT ( STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KELAS 1 ) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KLIEN ANAK YANG MEMPEROLEH PEMBEBASAN BERSYARAT ( STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KELAS 1 ) YOGYAKARTA)
12340075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KLIEN ANAK YANG MEMPEROLEH PEMBEBASAN BERSYARAT ( STUDI KASUS DI BALAI PEMASYARAKATAN (BAPAS) KELAS 1 ) YOGYAKARTA)
12340075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Balai Pemasyarakatan (BAPAS) Kelas I Yogyakarta sebagai salah satu instansi pemerintahan yang berada dibawah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia, menjadi tempat untuk mewujudkan dan pemberi perhatian, khususnya pembimbingan terhadap klien pemasyarakatan anak dengan tanpa menghilangkan hak-hak yang harus mereka dapatkan termasuk pendidikan. Dalam melakukan pembimbingan klien anak secara yuridis tidak berada di Balai Pemasyarakatan, hanya bimbingan berskala wajib hadir ke bapas, sehingga sulit untuk diawasi setiap harinya. Klien anak pembebasan bersyarat di Bapas Kelas I Yogyakarta sejumlah 13 orang. Secara internal bapas mengenai keterbatasan petugas pembimbing klien anak pembebasan bersyarat hanya 2 (dua) pembimbing kemasyarakatan dan wilayah kerja bapas kelas I Yogyakarta sangat luas meliputi 2 (dua) Kabupaten dan 1 (satu) Kota yaitu Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta, khususnya lokasi rumah klien anak yang menyulitkan pembimbing kemasyarakatan dalam melakukan Litmas (Penelitian Kemasyarakatan). Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan perlindungan hukum bagi klien anak yang memperoleh pembebasan bersyarat oleh balai pemasyarakatan kelas I yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris yaitu penelitian terhadap suatu masalah dengan melihat dan memperhatikan norma hukum yang berlaku dihubungkan dengan fakta-fakta yang ada dari permasalahan yang ditemui dalam penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik, yaitu penelitian dengan menekankan cara untuk menggambarkan, menguraikan dan menganalisis tentang Pembimbingan terhadap klien anak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pembimbingan klien anak oleh Balai Pemasyarakatan Kelas I Yogyakarta terdapat hak klien anak yang dipenuhi dengan baik. Sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan Menteri Kehakiman RI No.E-39-PR.05.03 Tahun 1987 Tentang Bimbingan Klien Pemasyarakatan, yaitu hak membimbing klien anak sampai selesai masa bimbingan, mengujungi klien anak di rumahnya setiap bulan sekali, melakukan bimbingan keagamaan, bimbingan konseling, keterampilan kerja, pendidikan yang layak, menyampaikan keluhan, dan pendekatan kepada keluarga dan masyarakat sekitar tempat tinggal klien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Prof.Dr. H.Makhrus, S.H.,M.Hum 2. Ach.Tahir, S.H.I.,LL.M.,M.A
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 19 Aug 2016 15:05
Last Modified: 19 Aug 2016 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum