PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB KARYA BAKTI DON BOSCO WONOSOBO

RIZA ALFIANI MUSKITA, NIM. 11410085 (2016) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB KARYA BAKTI DON BOSCO WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB KARYA BAKTI DON BOSCO WONOSOBO)
11410085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS DIMENSI IBADAH PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB KARYA BAKTI DON BOSCO WONOSOBO)
11410085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FILAILI YUNIANA SARI. Efektivitas Metode Token Ekonomi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas V Di SDIT Bakti Insani Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini ialah rendahnya tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penyebab rendahnya prestasi belajar PAIsalah satunya adalah kurangnya motivasi dalam mengikuti pelajaran PAI. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan kurang bervariasi. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah metode token ekonomi efektif dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode token ekonomi dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan mengambil latar SDIT Bakti Insani Sleman. Populasi kelas V berjumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi digunakan subyek penelitian. Pengumpulan data dengan menerapkan metode token ekonomi, tes prestasi belajar dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik uji beda (uji – t). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode token ekonomi efektif untuk meningkatkan prestasi belajar PAI yang terlihat pada: rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 80,96 sedangkang kelas kontrol hanya 72,69. Selain itu peningkatan pada kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu 9,19 sedangkan kelas control 2,53. Sedangkan pada uji t diketahui nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 2,607 1,998 dengan begitu Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan kata lain pembelajaran dengan menggunakan metode token ekonomi lebih efektif dari pada pembelajaran yang tidak menggunakan metode token ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M.Si.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:49
Last Modified: 22 Aug 2016 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum