PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL

SETYA FENDI SUSANTA, NIM. 11410103 (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL)
11410103_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS III SD ISLAM AL AZHAR 38 BANTUL)
11410103_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Setya Fendi Susanta. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SD Islam Al Azhar 38 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kecerdasan majemuk yang ada pada siswa perlu dikembangkan, guru dalam mengajar perlu mengkombinasikan beberapa metode yang relevan sehingga mampu mengintegrasikan pengembangan multiple intelligences siswa dalam proses pembelajaran. SD Islam Al Azhar 38 Bantul merupakan salah satu sekolah yang mengembangkan multiple intelligences (kecerdasan majemuk) siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multiple intelligences di kelas III SD Islam Al Azhar 38 Bantul dan mengetahui dampak penerapan pembelajaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences terhadap prestasi belajar siswa kelas III SD Islam Al Azhar 38 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang mengambil latar SD Islam Al Azhar 38 Bantul. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan pembelajaran berbasis multiple intelligences, guru PAI sudah menggunakan strategi dan metode yang didalamnya dapat menggembangkan berbagai kecerdaan siswa. Penilaian yang dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik yang mencakup pengetahuan, sikap, ketrampilan. Faktor pendukung faktor fasilitas sekolah yang memadai, faktor pelatihan guru. Faktor penghambat diantaranya tingkat konsentrasi peserta didik yang mudah pecah dan faktor non teknis. 2) Dampak dari penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligences, siswa dalam pembelajaran lebih senang, lebih semangat dan tentunya ini berpengaruh terhadap prestasi akademis siswa, terbukti dengan nilai ulangan dan raport siswa juga tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ustman, SS. M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:51
Last Modified: 22 Aug 2016 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum