IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISME ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

MUSTAGHFIROH, NIM. 11410122 (2016) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISME ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISME ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
11410122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI HUMANISME ISLAM MELALUI METODE PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP AL-HIKMAH KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
11410122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

MUSTAGHFIROH. Implementasi Nilai-Nilai Humanisme Islam Melalui Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah ini adalah pada umumnya metode pembelajaran PAI hanya digunakan sebagai cara untuk menyampaikan materi. Padahal metode pembelajaran juga merupakan alat atau cara menyampaikan nilai-nilai yang dapat mengembangkan potensi siswa salah satunya adalah nilai-nilaih umanisme Islam yang bertujuan membentuk insan al-kamil. Sementara itu tidak semua guru menyadari akan peran metode pembelajaran sebagai alat untuk transfer of values. Oleh Karen aitu, perlu diadakan penelitian tentang implementasi nilai-nilai huamanisme Islam dengan metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana dan apa hasil implementasi nilai-nilai humanisme Islam melalui metode pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul, apa saja upaya dan kendala mengimplementasikan nilai-nilai humanisme Islam melalui metode pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil subyek penelitian SMP Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemerikasaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan menggunakan sumber ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi nilai-nilai humanisme Islam dengan metode pembelajaran pada RPP dan kegiatan Pembelajaran PAI di SMP Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul yang meliputi matapelajaran PAI, Aqidah Akhlak, Al- Qur’an, Hadits, Bahasa Arab, Mahfuẓat, SKI,danFiqih. Nilai-nilai humanisme Islam yang dimplmentasikan adalaha) nilai kebebasan yang memiliki indikasi nilai kepemimpinan, keteladanan, kritis, kreatif, tanggung jawab, kejujuran, percayadiri, dan kerjasama.(b) nilai persamaan yang memiliki indikasi nilai: etika, respect, demokrasi dan toleransidan (c) nilai persaudraan yang memiliki indikasi nilai kekompakkan dan kepedulian.(2) Hasil implementasi nilai-nilai humanisme Islam adalah adanya pengembangan potensi siswa baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. (3) Kendala dalam mengimplementasikan nilai-nilai humanisme Islam di SMP Al-Hikmah Karangmojo meliputi: (a) kesadaran guru akan peran metode sebagai transfer of values, (b) siswa, (c) waktupembelajaran (d) sarana dan prasarana. Upaya yang dilakukan oleh pihak SMP Al-Hikmah Karangmojo Gunungkidul dalam mengimplementasikan nilai-nilai Islam yakni a) upaya yang bersifat material dan non material.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, M.Ag.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:53
Last Modified: 22 Aug 2016 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum