PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN THOMAS LICKONA

JOHAN RUBIYANTO, NIM. 11410182 (2016) PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN THOMAS LICKONA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN THOMAS LICKONA)
11410182_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN THOMAS LICKONA)
11410182_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

JOHAN RUBIYANTO. Pendidikan Karakter Menurut Perspektif Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Thomas Lickona. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah adanya gejala-gejala penurunan kualitas karakter di masyarakat Indonesia. Indikatornya bisa dilihat dengan meningkatnya kasus korupsi, narkoba, pergaulan bebas, tawuran atau konflik etnis yang dilakukan, terutama oleh generasi muda, serta penyimpangan hukum lainnya mencerminkan belum tertanamnya nilai-nilai karakter yang kuat dalam diri mereka sebagaimana tercermin dalam tujuan pendidikan Indonesia. Selama ini kita banyak mengenal tokoh besar yang fokus pada pendidikan karakter, antara lain Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Thomas Lickona. Syed Muhammad Naquib Al-Attas dikenal melalui konsep ta’di�b, yaitu konsep pendidikan Islam yang bertujuan menciptakan manusia beradab dalam arti yang komprehensif (konfigurasi dari ‘ilm, ‘amal, dan adab). Sedangkan Thomas Lickona merumuskan pendidikan karakter yang didasarkan pada pengembangan tiga aspek kecerdasan yang ada pada peserta didik, yaitu kognisi melalui moral knowing, afeksi melalui moral feeling, dan psikomotorik melalui moral action.Penelitian ini merupakan jenis penelititan kualitatif yakni melalui penelusuran kepustakaan, yaitu jenis penelitian dari khazanah literatur dan menjadikan "dunia teks" sebagi objek utama analisisnya dengan cara menuliskan, mengkreditkan, mengklasifikasi, mereduksi, dan menyajikan data yang diperoleh dari sumber tertulis. Penelitian ini mengkaji mengenai ide, gagasan, dan pendapat yang dikemukakan oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Thomas Lickona dalam bidang pendidikan karakter yang didapat dari buku, makalah, majalah, dan jurnal yang ditulis oleh Syed Muhammad Naquib Al-Attas dan Thomas Lickona. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa) 1) konsep pendidikan karakter menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas adalah ta’di�b yaitu konsep pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan individu yang beradab. Manusia yang terpelajar adalah orang yang beradab dalam pengertian yang menyeluruh yang meliputi kehidupan spiritual dan meterialnya. 2) Konsep pendidikan karakter Thomas Lickona adalah konsep pendidikan yang bertujuan menghasilkan individu yang baik dan cerdas. Nilai karakter utama yang dibangun adalah rasa hormat dan tanggung jawab. Konsep pendidikan karakter Thomas Lickona dibangun melalui tiga komponen utama pembangun karakter yang baik, yaitu pengetahuan moral (moral knowing) sebagai ranah kognitif, perasaan moral (moral feeling) sebagai ranah afektif, dan tindakan moral (moral action) sebagai ranah psikomotorik. 3) Syed Muhammad Naquib Al-Attas merumuskan tujuan pendidikan karakter berdasarkan nila-nilai Agama Islam, sedangakan Thomas Lickona merumuskannya berdasakan nilai-nilai moral universal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zulkiply lessy, M.Ag., M.S.W., Ph.D.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:57
Last Modified: 22 Aug 2016 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21678

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum