PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMEN PELANGGAN TELEPON SELULER DALAM KASUS PENARIKAN PULSA (STUDI PERAN LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA)

AISYAH NUR RAMADHANI SUKRISNA PUTRI, NIM : 12340134 (2016) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMEN PELANGGAN TELEPON SELULER DALAM KASUS PENARIKAN PULSA (STUDI PERAN LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMEN PELANGGAN TELEPON SELULER DALAM KASUS PENARIKAN PULSA (STUDI PERAN LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA))
12340134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (28MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMEN PELANGGAN TELEPON SELULER DALAM KASUS PENARIKAN PULSA (STUDI PERAN LEMBAGA KONSUMEN YOGYAKARTA))
12340134_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (830kB)

Abstract

Berbicara mengenai semakin banyak pengguan telepon seluler di Indonesia yang berbanding lurus dengan kenaikan jasa pelayanan telekomunikasi. Beberapa pelaku usaha operator seluler saat ini kurang bertanggung jawab terhadap konsumenya, salah satu kasus mengenai penarikan pulsa dan pada permasalah lain adalah lemahnya operator dalam menjaga perlindungan data pribadi pelanggan, tagihan yang tidak fair dan tidak masuk akal mengakibatkan konsumen harus membayar layanan yang tidak pernah diminta, dan para konsumen itu mendapat tagihan yang nilainya sangat besar. Dari permasalahan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaku usaha operator seluler tidak memberikan hak yang semestinya didapat oleh seorang konsumen, dijelaskan dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Pasal 7 huruf g mengenai kewajiban pelaku usaha menyebutkan bahwa pelaku usaha berkewajiban memberi kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima atau dimanfaatkan tidak sesuai dengan perjanjian, disinilah tugas Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) sebagai salah satu Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat guna membantu para konsumen yang tidak mendapat hak-haknya atas kerugian yang ditimbulkan oleh para pelaku usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara terperinci dan mendalam pada Lembaga Konsumen Yogyakarta, serta pendekatan penelitian yang digunakan ialah penelitian Yuridis Empiris yaitu pendekatan yang dilakukan dengan melihat kenyataan yang ada dalam praktek di Lembaga Konsumen Yogyakarta terkait perlindungan hak konsumen dan peranan Lembaga Konsumen Yogyakarta untuk mengatasi permasalahan terkait perlindungan konsumen. Hasil dari penelitian ini peran dan penanganan kasus oleh Lembaga Konsumen Yogyakarta yaitu, berkaitan dengan peran LKY dapat dilihat dari pemenuhan tugas-tugas yang telah tertera pada Pasal 44 ayat 3 UUPK dan Pasal 3 PP No. 59 Tahun 2001 tentang Lembaga Perlindungan Konsumen Swadaya Masyarakat, dari semua point yang tertera pada Pasal tersebut LKY telah menjalankan tugasnya dengan baik, namun pada point tugas mengenai bekerja sama dengan instansi terkait dalam upaya mewujudkan perlindungan konsumen bidang telekomunikasi LKY belum melakukan kerja sama dengan instansi terkait seperti Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Pertanggung jawaban dari pelaku usaha dalam kaitan dengan penarikan pulsa tidak dipenuhi dengan sebagaimana mestinya padahal pertanggung jawaban pihak pelaku usaha sudah diatur dalam Pasal 19 UUPK, dalam Pasal tersebut sudah tertera jelas mengenai tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha ketika pihak pelaku usaha tidak memberikan hak-hak yang seharusnya di dapatkan oleh konsumen pengguna barang dan/atau jasa. Melalui Pasal 19 tersebut seharusnya para pelaku usaha memberi ganti rugi kepada konsumen yang dirugikan secara langsung tanpa melalui proses dan prosedur yang panjang dan rumit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. BUDI RUHIATUDIN, SH, M. Hum 2. Dr. EUIS NURLAELAWATI, MA
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:30
Last Modified: 22 Aug 2016 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum