PROGRAM BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ELEKTRONIK DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

BAYU WIBAWA, NIM. 11410209 (2016) PROGRAM BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ELEKTRONIK DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ELEKTRONIK DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
11410209_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU PAI DALAM MENGATASI MASALAH BELAJAR SISWA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA ELEKTRONIK DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA)
11410209_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BAYU WIBAWA. Program Bimbingan Konseling oleh Guru PAI Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa Dengan Memanfaatkan Media Elektronik Di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah melihat kemajuan zaman yang sangat pesat dan banyaknya media-media elektronik yang sangat canggih bermunculan membuat timbulnya hal-hal positif dan negatif yang ditimbulkan. Setelah peneliti melakukan observasi di beberapa sekolah banyak anak yang mulai terkena dampak dari kemajuan zaman. Yang menjadi pertanyaan apakah guru juga mampu mengikuti perkembangan zaman tersebut. Selain mengenai masalah kemajuan zaman ada satu permasalahan lagi yang membuat penelitian ini dilaksanakan, yaitu tugas seorang guru bahwa seorang guru memiliki tugas mengajar dan membimbing. Tetapi dalam praktiknya masih banyak guru yang belum melakukan salah satu dari tugas tersebut yaitu membimbing. Di SMP Negeri 9 Yogyakarta guru PAI melaksanankan Program Bimbingan Konseling yang digunakan untuk mengatasi masalah belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program tersebut. Serta apakah guru tersebut memanfaatkan mediamedia elektronik yang ada. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan program bimbingan konseling oleh guru PAI dalam mengatasi masalah belajar siswa berjalan efektif dengan menggunakan dua bentuk bimbingan yaitu bentuk bimbingan individu dan bimbingan kelompok. 2) Guru PAI menggunakan media elektronik yang ada, dengan memanfaatkan media-media tersebut menjadikan program bimbingan konseling beliau menjadi model inovasi baru yang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup siknifikan dengan dilihat dari hasil penelitian bahwa siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti bimbingan tersebut. 3) seefektif-efektifnya program dan media yang digunakan pasti memiliki faktor penghambat yaitu manusia itu sendiri serta media eletronik yang digunakan dalam proses bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sarjono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:17
Last Modified: 22 Aug 2016 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum