SISTEM PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMK AL-MUNAWWIR PUTRI YOGYAKARTA

YUSHI ITSNAYANTI MAULIDAH, NIM. 12410027 (2016) SISTEM PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMK AL-MUNAWWIR PUTRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMK AL-MUNAWWIR PUTRI YOGYAKARTA)
12410027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENGAWASAN INTERNAL TERHADAP HASIL BELAJAR PAI DI SMK AL-MUNAWWIR PUTRI YOGYAKARTA)
12410027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)

Abstract

Yushi Itsnayanti Maulidah. Sistem Pengawasan Internal Terhadap Hasil Belajar PAI di SMK Al-Munawwir Putri Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah mencari tahu sistem atau teknik apa yang digunakan oleh pengawas internal untuk membuat peserta didik berhasil menerapkan PAI dalam kehidupan sehari-hari, dimana melihat zaman sekarang banyak sekolah baik negeri maupun swasta yang sudah menerapkan PAI sebagai mata pelajaran yang harus ada, tetapi belum ada pengaplikasian dalam dunia nyata. Seperti masih adanya ketidak jujuran dalam melaksanakan ujian nasional, masih maraknya tawuran antar pelajar, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengawasan internal terhadap hasil belajar PAI di SMK Al-Munawwir Putri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini mengambil latar SMK Al-Munawwir Putri. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sistem pengawasan internal yang digunakan pengawas internal di SMK Al-Munawwir menggunakan teknik supervisi. Teknik supervisi yang digunakan pengawas internal yaitu bersifat individu dan bersifat kelompok. Langkah-langkah pengawasan yang dilakukan pengawas internal yaitu dengan mensupervisi seluruh guru sebanyak dua kali persemester. Kemudian melakukan pengawasan ke asrama siswa untuk memantau hasil belajar PAI siswa. keberhasilan siswa dalam belajar PAI menitikberatkan kepada perubahan akhlak siswa (2) Pengawas internal di SMK Al-Munawwir hanya ada satu yang menjabat sebagai kepala sekolah. Tidak ada stuktur khusus untuk kepengawasan karena kurangnya personil guru. (3) Faktor pendukungnya antara lain: terjalin kerjasama antar guru, mudahnya melakukan koordinasi, basic guru PAI yaitu lulusan pondok pesantren, sifat keterbukaan serta kekeluargaan yang terjalin. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan tenaga guru, rasa canggung terhadap keluarga ahlen, kesiapan seorang guru, tidak bisa melakukan pengontrolan secara langsung ke asrama putri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pengawas internal, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:40
Last Modified: 22 Aug 2016 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum