KOMPARASI TUJUAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA (NU) (STUDI PADA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DAN SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN)

NURUL FADZILAH DF, NIM. 12410040 (2016) KOMPARASI TUJUAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA (NU) (STUDI PADA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DAN SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI TUJUAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA (NU) (STUDI PADA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DAN SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN))
12410040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI TUJUAN PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM MUHAMMADIYAH DAN NAHDLATUL ULAMA (NU) (STUDI PADA SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA DAN SMP PEMBANGUNAN PIYUNGAN))
12410040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NURUL FADZILAH DF. Komparasi Tujuan Pendidikan di Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama: Studi pada SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMP Pembangunan Piyungan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kaburnya pemahaman para warga sekolah, khususnya pembuat kebijakan di sekolah serta para siswa akan tujuan pendidikan di sekolah. Padahal tujuan pendidikan merupakan komponen pendidikan yang sangat penting karena merupakan arahnya pendidikan. Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama merupakan dua organisasi Islam yang paling banyak diikuti oleh bangsa Indonesia. Sejak Indonesia belum merdeka sampai sekarang, keduanya mempunyai kontribusi yang tidak dapat dipandang sebelah mata bagi dunia pendidikan di Indonesia. Dengan mengetahui konsep tujuan pendidikan dari dua lembaga pendidikan ini, bagaimana persamaan dan perbedaanya, serta bagaimana implikasinya terhadap evaluasi pendidikan, diharapkan pemahaman akan konsep tujuan pendidikan akan menjadi lebih jelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian pada SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMP Pembangunan Piyungan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, serta Waka urusan Kurikulum, Waka Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, dan Waka Kesiswaan. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua cara, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep tujuan pendidikan di SMP Muhammdiyah 3 Yogyakarta terdiri dari 10 poin yang sebagian besar dapat dialami langsung oleh para siswa. Sedangkan konsep tujuan pendidikan di SMP Pembangunan Piyungan terdiri dari 29 butir rumusan tujuan pendidikan yang hampir keseluruhannya mengarah pada peningkatan kemampuan pendidik. 2) Persamaan konsep tujuan pendidikan di SMP Muga dan di Spepiyo terletak pada perhatian yang sama yaitu pada peningkatan rata-rata nilai Ujian Nasional, peningkatan keagamaan siswa, serta pengembangan bakat dan minat siswa. Sedangkan perbedaannya terletak pada sasaran penerima rumusan tujuan pendidikan. Di SMP Muga, rumusan tujuan pendidikan dirumuskan dalam bentuk program kegiatan agar bisa dialami langsung oleh peserta didik. Dan di Spepiyo, sebagian besar rumusan tujuan pendidikan diarahkan pada peningkatan kemampuan guru dalam pembelajaran dan penilaian. 3) Konsep tujuan pendidikan di SMP Muga maupun di Spepiyo, memiliki keterlibatan yang sangat kental. Konsep tujuan memberikan cara pelaksanaan dalam bentuk strategi dan metode. Sedangkan evaluasi pendidikan, memperjelas tujuan pendidikan yang akan dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H Suwadi, M.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsep Tujuan Pendidikan, SMP Muga, Spepiyo
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 08:44
Last Modified: 22 Aug 2016 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21696

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum