PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016

RAHMAT HIDAYAT, NIM. 12410069 (2016) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS X SMA N 1 PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2015/2016)
12410069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)

Abstract

RAHMAT HIDAYAT. Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas X SMA N 1 Pengasih Kulon Progo Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pendidikan pertama bagi siswa yaitu orang tua khususnya dalam pendidikan agama Islam. Pengaruh orang tua terhadap pendidikan anak sangatlah besar, namun pada kenyataannya kemampuan orang tua dalam memberikan pendidikan terutama pendidikan agama Islam belum bisa dikatakan baik. Hal itu disebabkan karena latar belakang status sosial orang tua yang beragam pula, bisa dilihat dari latar belakang pendidikan setiap orang tua yang berbeda. Hasil dari proses pendidikan bisa dilihat dari prestasi belajar siswa di sekolah dalam bentuk nilai yang tertulis dalam rapor siswa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA N 1 Pengasih Kulon Progo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA N 1 Pengasih Kulon Progo sebanyak 195 siswa yang terdiri dari 5 kelas reguler dan satu kelas olahraga dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Angket berupa keterangan mengenai pendidikan formal orang tua serta nilai rapor PAI tahun ajaran 2015/2016. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui uji regresi linier sederhana. Uji prasyarat dilakukan dengan melakukan uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA N 1 Pengasih kulon progo termasuk cukup. Dengan rata-rata nilai adalah 8.425 dan masuk dalam interval 78.5 – 80 yang berkategori cukup. (2) Tingkat pendidikan formal orang tua siswa kelas X SMA N 1 Pengasih berada pada tingkatan sedang. Dengan rata-rata tingkat pendidikan formal orang tua siswa adalah 7.175 dan masuk dalam interval 6.5 – 7.5 yang berkategori sedang. (3) Tidak ada pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI siswa kelas X SMA N 1 Pengasih Kulon Progo. Hal ini dibuktikan dengan angka korelasi kedua variabel adalah 0.071. Kemudian dari kolom sig sebesar 0.661 di mana nilai tersebut lebih dari 0.005.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Formal, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:51
Last Modified: 22 Aug 2016 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum