PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA

ESTI RAHMAH PRATIWI, NIM. 12410084 (2016) PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA)
12410084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA)
12410084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ESTI RAHMAH PRATIWI. Pengaruh Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada, Kotabaru Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan karakter siswa yang sebaiknya diterapkan sejak usia dini, karena usia dini terbukti sangat menentukan kemampuan siswa dalam mengembangkan potensinya. Dalam pendidikan formal yaitu sekolah terdapat hal-hal yang sifatnya tidak tertulis yang disebut dengan kurikulum tersembunyi (hiden curriculum). Hidden curriculum itulah yang menjadi wujud nyata dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hidden curriculum dengan pembentukan karakter siswa, dan seberapa besar pengaruh hidden curriculum terhadap karakter siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada’ Kotabaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada’ yang berjumlah 44 siswa, dan pengambilan sampel untuk penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil uji validitas instrumen hidden curriculum menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 29 butir terbukti valid dan hasil uji validitas instrumen karakter siswa menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 28 butir terbukti valid. Sedangkan hasil analisis reliabilitas instrumen hidden curriculum menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,905 dan instrumen karakter siswa sebesar 0,900. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis deskriptif, uji prasyarat analisis dan teknik analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan hidden curriculum di SMP IT Masjid Syuhada’ berada dalam kategori cukup baik berdasarkan analisis deskriptif sebesar 27,28% berada dalam kelompok skor 88 – 98 yang menunjukkan kriteria cukup baik. 2) Pembentukan karakter siswa kelas VIII di SMP IT Masjid Syuhada’ berada dalam kategori cukup baik berdasarkan analisis deskriptif sebesar 27,28% berada dalam kelompok skor 86 – 95 yang menunjukkan kriteria cukup baik. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara hidden curriculum terhadap karakter siswa, dimana apabila hidden curriculum meningkat sebesar 1 satuan maka karakter siswa akan meningkat sebesar 0,649. Karakter siswa dipengaruhi oleh hidden curriculum sebesar 52,7% sedangkan 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel dalam penelitian yang digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: hidden curriculum, karakter siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:55
Last Modified: 22 Aug 2016 09:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21710

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum