PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTS MA’ARIF 2 MUNTILAN

AMILIA PARAMITA SARI, NIM. 12410096 (2016) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTS MA’ARIF 2 MUNTILAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTS MA’ARIF 2 MUNTILAN)
12410096_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL QURAN HADITS DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KELAS VIII DI MTS MA’ARIF 2 MUNTILAN)
12410096_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)

Abstract

Amilia Paramita Sari Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Al Quran Hadits dalam Mengatasi Problematika Baca Tulis Al Quran Siswa Kelas VIII di MTs Ma‟arif 2 Muntilan Skrips. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, guru diasah kemampuannya dalam mengelola pembelajaran. Salah satunya adalah pemahaman terhadap peserta didik. Di MTs Ma‟arif 2 Muntilan yang merupakan sekolah berbasis agama ini guru Mata Pelajaran Al Quran Hadits mengalami beberapa hambatan saat melakukan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih kurang memuaskan. Salah satu hambatan tersebut adalah adanya beberapa siswa yang belum lancar dalam baca tulis Al Quran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VIII MTs Ma‟arif 2 Muntilan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Problematika pembelajaran baca tulis Al Quran kelas VIII di MTs Ma‟arif 2 Muntilan adalah hambatan yang bersifat linguistic yaitu problem membaca, problem menulis, problem menghafal, problem menerjemahkan, dan problem memahami. Hambatan non linguistik yaitu hambatan dari diri siswa, lingkungan, non sosial dan pendekatan belajar. (2) kompetensi pedagogik guru Al Quran Hadits untuk mengatasi problematika dilaksanakan dengan cara menganalisis karakteristik siswa, yaitu dengan memahami peserta didik, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan potensi siswa (3) upaya guru Al Quran Hadits dalam peningkatan kompetensi pedagogik untuk mengatasi problematika baca tulis Al Quran dengan memahami siswa danmerancang pembelajaran yang sesuai untuk siswa. Adapun upaya dari madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan mengikutsertakan guru-guru dalam pelatihan dan memberikan buku pegangan khusus yang berkenaan dengan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj Marhumah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Problematika Baca tulis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 09:58
Last Modified: 22 Aug 2016 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21712

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum