EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WIDI SETIANINGRUM, NIM. 12410101 (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU TEKS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN KELAS VII SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)
12410101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

WIDI SETIANINGRUM. Efektivitas Penggunaan Buku Teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran kelas VII SMP N 3 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah banyak guru yang belum memahami implementasi kurikulum 2013 dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam hal ini pemerintah telah menyediakan buku teks kurikulum 2013, kaitannya dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti apakah buku tersebut efektif digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan implementasi kurikulum 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Penggunaan buku teks, bagaimana efektivitas penggunaan buku teks, serta faktor pendukung dan penghambat penggunaan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kurikulum 2013 dalam pembelajaran kelas VII SMP N 3 Kalasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagamana pemakaian buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013, keefektivan penggunaannya, dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar penelitian SMP N 3 Kalasan. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Buku guru digunakan sebagai pedoman pembuatan RPP, pelaksanaan pembelajran, evaluasi atau penilaian, dan petunjuk penggunaan buku siswa. Sedangkan buku siswa digunakan sebagai sumber belajar, sumber diskusi, alat untuk presentasi, dan bahan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan implementasi kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik 2) Dilihat dari aspek efektifitas yaitu aspek tujuan dan fungsi, aspek rencana dan program, aspek ketentuan dan aturan, aspek tujuan, serta aspek-aspek efektivitas pembelajaran. Maka dari semua aspek tersebut penggunaan buku teks Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam pembelajaran dikategorikan sangat efektif. 3) faktor pendukung guru mampu menggunakan buku teks baik buku guru maupun buku siswa secara efektif, sarana dan prasarana sudah memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu: terbatasnya waktu pelajaran, kurang sesuai strategi pembelajaran yang ada dalam buku guru, buku siswa belum dapat digunakan oleh peserta didik secara mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Penggunaan Buku Teks, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:06
Last Modified: 22 Aug 2016 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21714

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum