PENGEMBANGAN ENTERPRENEURSHIP MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN KHIDMAH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

FAISAL CHABIB, NIM. 12410110 (2016) PENGEMBANGAN ENTERPRENEURSHIP MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN KHIDMAH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENTERPRENEURSHIP MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN KHIDMAH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12410110_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENTERPRENEURSHIP MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DAN KHIDMAH PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12410110_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FAISAL CHABIB. Pengembangan Enterpreneurship melalui Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Khidmah pada Santri di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pengembangan enterpreneurship dalam lembaga pendidikan Islam khususnya Pondok Pesantren Hal ini penting dilakukan oleh santri sebagaimana halnya calon seorang pendidik agama Islam yang lain baik lulusan pesantren maupun perguruan tinggi pada zaman sekarang, karena dengan pengembangan enterpreneurship tersebut santri mendapatkan keterampilan (skill) tambahan untuk menghadapi tantangan hidupnya. Sehingga santri kelak menjadi orang yang mandiri dan tidak mengandalkan bantuan orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.. Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta sebagai lembaga Pendidikan Islam yang konsisten dalam mendidik santrinya dalam mendalami ilmu agama Islam (tafaqquh fi ad-din) juga memberikan fasilitas bagi santri untuk mengembangkan enterpreneurshipnya melalui kegiatan ekstrakurikuler dan khidmah. Penelitian ini mempertanyakan apa landasan dilakukan pengembangan enterpreneurship melalui kegiatan ekstra kurikuler dan khidmah pada santri di Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta dan bagaimana pelaksanaannya di Pesantren tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik (observasi, wawancara, dan dokumentasi) dan triangulasi sumber (3 Dewan Pendidikan, 4 pengurus, dan 10 santri). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hal-hal yang melandasi dilakukan pengembangan enterpreneurship melalui kegiatan ekstra kurikuler dan khidmah pada santri di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta adalah: 1) Untuk mengembangkan bakat dan minat santri sebagai bekal mengembangkan usaha setelah lulus dari Pondok Pesantren. 2) Agar kegiatan tersebut tetap dalam konteks pendidikan pesantren dalam rangka membentuk kepribadian muslim melalui proses tafaqquh fi ad-din, riyadhoh dan khidmah. 3) Memudahkan pengurus dalam mengurus santri. (2) Pelaksanaan pengembangan enterpreneurship melaui kegiatan ekstrakurikuler dan khidmah: 1) kegiatan yang mengembangkan upaya kreatif dan inovatif santri adalah kegiatan dalam ekstra LQ Handycraft, Qolamuna, Habajum IT, Iqra’ dan Hadrah Ababil. 2) kegiatan yang mengembangkan penciptaan nilai tambah: khidmah di LCC, Lula Laundry, kantin LQ Al-Barokah, Simple Sound dan Warung Lamasta. 3) kegiatan yang mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah adalah ekstra LQ Handy Craft, Habajum IT, Iqra’ dan khidmah di LCC.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: enterpreneurship, ekstrakurikuler, dan khidmah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:15
Last Modified: 22 Aug 2016 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum