PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN PADA SANTRI KELAS I‟DADY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA

DIDIK SULAEMAN, NIM. 12410118 (2016) PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN PADA SANTRI KELAS I‟DADY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN PADA SANTRI KELAS I‟DADY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12410118_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH METODE SOROGAN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR‟AN PADA SANTRI KELAS I‟DADY PONDOK PESANTREN AL-LUQMANIYYAH YOGYAKARTA)
12410118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Didik Sulaeman. Pengaruh Metode Sorogan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santri Kelas I’dady Pondok Pesantren Al- Luqmaniyyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah Para santri di kelas i‟dady kebanyakan adalah santri baru atau pemula yang mempunyai kemampuan yang berbeda-beda dalam membaca Al-Qur‟an. Oleh karena itu, di kelas ini dilaksakan pembelajaran Al-Qur‟an dengan metode sorogan. Harapannya, para santri dapat membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Akan tetapi, pada kenyataannya belum semua santri memiliki kemampuan membaca Al-Qur‟an yang baik. Masih ada beberapa santri yang kualitas bacaannya belum benar-benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang pengaruh metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya pengaruh metode sorogan terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an santri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah santri kelas i‟dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 60 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrument penelitian telah lulus uji validitas, reliabilitas, normalitas maupun linieritas. Analisis validitas menunjukkan 20 butir angket kegiatan metode sorogan terbukti 17 valid dan 3 tidak valid. Koefisien kegiatan metode sorogan menunjukkan reliabilitas sebesar 0,855 sehingga dinyatakan reliabel. Uji normalitas dan linieritas merupakan syarat sebagai uji regresi dalam penelitian. Uji normalitas antara kegiatan metode sorogan dan kemampuan membaca al- Qur‟an santri didapatkan dengan taraf signifikan 5% adalah 0,074 0,05 0,080. Dan uji linieritas menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,285 yang artinya lebih besar dari 0,005. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif, korelasi, dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Efektifitas kegiatan metode sorogan tergolong dalam kategori efektif dengan nilai rata-rata 59,23 dan ketentuan responden yang berada dalam kategori cukup efektif sebanyak 3 responden, efektif 33 responden dan sangat efektif 24 responden. 2). Tingkat kemampuan membaca Al-Qur‟an santri tergolong dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 72,83 dan ketentuan santri yang berada dalam kategori baik 13 responden dan sangat baik 47 responden. 3). Ada pengaruh positif antara kegiatan metode sorogan dengan kemampuan membaca Al-Qur‟an santri kelas i‟dady Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. Kemampuan membaca Al-Qur‟an santri dipengaruhi oleh kegiatan metode sorogan sebesar 36,5% sedangkan 63,5% dipengaruhi faktor lain, seperti keterbatasan waktu, keterbatasan jumlah pengajar, dan motivasi santri dalam membaca Al-Qur‟an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Maragustam Siregar, MA.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:17
Last Modified: 22 Aug 2016 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum