PENGEMBANGAN BUKU “SENANG BELAJAR SHOLAT BERBASIS GRAFIS” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SDN III PUNDUHSARI MANYARAN WONOGIRI

SYUKUR PRASETYA NUGROHO, NIM. 12410122 (2016) PENGEMBANGAN BUKU “SENANG BELAJAR SHOLAT BERBASIS GRAFIS” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SDN III PUNDUHSARI MANYARAN WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU “SENANG BELAJAR SHOLAT BERBASIS GRAFIS” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SDN III PUNDUHSARI MANYARAN WONOGIRI)
12410122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU “SENANG BELAJAR SHOLAT BERBASIS GRAFIS” UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI SISWA KELAS IV SDN III PUNDUHSARI MANYARAN WONOGIRI)
12410122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

SYUKUR PRASETYA NUGROHO. Pengembangan Buku "Senang Belajar Sholat Berbasis Grafis" Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas IV SDN III Punduhsari Manyaran Wonogiri. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaranya SDN III Punduhsari menggunakan buku panduan yang tidak menyajikan desain grafis di dalamnya sehingga kontribusi buku yang digunakan menjadi kurang maksimal, Peneliti berusaha untuk membuat buku pembelajaran yang berbasis grafis untuk dijadikan instrumen penelitian yang diberi judul "Senang Belajar Sholat Berbasis Grafis". Pembuatan media tersebut bertujuan untuk menciptakan inovasi baru dalam mengembangkan media pembelajaran agar proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) adalah sebuah strategi atau metode penelitian yang cukup ampuh untuk memperbaiki praktik. metode penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan angket, kemudian data yang diperoleh berupa data kualitatif untuk kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Selanjutnya uji keabsahan datanya menggunakan uji prosentase. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Berhasil mengembangkan buku "Senang Belajar Sholat Berbasis Grafis" yang dibuat dengan tiga tahap yaitu:a) Tahap analisis kebutuhan, meliputi pengumpulan bahan dan informasi. b) Tahap desain pembelajaran, meliputi: mengidentifikasi kompetensi dasar, menganalisis dan menentukan kompetensi dasar, merumuskan materi, mengidentifikasi karakteristik siswa, merumuskan indikator keberhasilan, mengembangkan evaluasi, materi sholat buku "Senang Belajar Sholat Berbasis Grafis".c) Tahap pengembangan buku meliputi pembuatan rancangan produk, pengumpulan sumber materi, membuat desain buku menggunakan aplikasi Corel Draw. 2) Kelayakan buku berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi tergolong dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 85%. 3) Kontribusi buku yang dapat diketahui melalui hasil respon siswa terhadap buku senang belajar sholat berbasis grafis, hasil yang diperoleh sebesar 94,25% siswa mengatakan tertarik dan sangat setuju menggunakan buku senang belajar sholat berbasis grafis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch Fuad, M.P.d.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan buku , kelayakan buku, kontribusi buku
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:26
Last Modified: 22 Aug 2016 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21722

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum