PERAN KONSELING ISLAM DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI APLIKASI “TAZKIYATUN NAFS” MENURUT PEMIKIRAN SA’ID HAWWA

NUR AFIDAH, NIM. 12410131 (2016) PERAN KONSELING ISLAM DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI APLIKASI “TAZKIYATUN NAFS” MENURUT PEMIKIRAN SA’ID HAWWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KONSELING ISLAM DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI APLIKASI “TAZKIYATUN NAFS” MENURUT PEMIKIRAN SA’ID HAWWA)
12410131_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN KONSELING ISLAM DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI APLIKASI “TAZKIYATUN NAFS” MENURUT PEMIKIRAN SA’ID HAWWA)
12410131_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (805kB)

Abstract

NUR AFIDAH. Peran Konseling Islam dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam Melalui "Aplikasi Tazkiyatun nafs Menurut Pemikiran Sa’id Hawwa". Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmi Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah munculnya permasalahanpermasalahan yang berkaitan dengan proses Tazkiyatun Nafs terus mengalami penurunan dari generasi ke generasi menuntut adanya pembaharuan yang serius. Jika hati belum hidup, jiwa belum tersucikan dan akhlak belum tertata maka tidak ada hal yang baru dalam dunia Islam dan tidak akan ada pembaharuan menurut Sa’id Hawwa. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran konseling Islam melalui aplikasi tazkiyatun nafs menurut pemikiran Sa’id Hawwa, bagaimana proses internalisasi nilai-nilai PAI melalui Aplikasi tazkiyatun nafs menurut Sa’id Hawwa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran konseling Islam dalam internalisasi nilai-nilai PAI melalui aplikasi Tazkiyatun nafs Sa’id Hawwa serta bagaimana urgensi konseling Islam melalui aplikasi tazkiyatun nafs Sa’id Hawwa dalam Internalisasi nilai-nilai PAI. Pengumpulan data ini diperoleh melalui studi kepustakaan dengan melakukan penelusuran buku Tazkiyatun nafs karya Sa’id Hawwa. Analisis data dilakukan dengan untuk mengambil kesimpulan melalui usaha menemukan karakteristik pesan (dari buku atau dokumen) yang dilakukan penyusun secara obyektif dan sistematis. Untuk langkah-langkah teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data terlebih dahulu untuk dilakukan penelaahan secara komprehensif. Kemudian dari data tersebut disusun, dijelaskan, dianalisis dan kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) salah satu peran konseling Islam dalam internalisasi nilai-nilai PAI melalui Aplikasi Tazkiyatun nafs dalam pemikiran Sa’id Hawwa. Aplikasi tazkiyatun nafs dalam pemikiran Said Hawwa meliputi shalat dengan memenuhi syarat khusu’ dan kehadiran hati dalam shalat, memunculkan makna batiniah , memunculkan makna batiniah dalam menunaikan zakat dan infaq. Puasa dengan syarat batinnya, Tilawah al- Qur’an dengan memahami suber firman, Takzim, menghadirkan hati dan bisikan jiwa, tadabbur, tafahhum, meninggalkan hal yang yang memahami pemahaman, takhsis, ta’attsur, taraqqi, tabarri. Membentuk akhlak sesuai dengan Asma Allah dan ittiba’ nabi. (2) melalui aplikasi tazkiyatun nafs dalam pemikiran Sa’id Hawwa ini, konseling Islam dapat menginternalisasikan nilainilai PAI dalam kehidupan sehati-hari secara kontinu seperti nilai aqidah yang dilakukan melalui penanaman tauhid, nilai ibadah melalui shalat, zakat dan infak, puasa, zakat, tilawah al-Qur’an. Nilai akhlak melalui keteladanan Asma Allah dan Ittiba’ nabi Muhammad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Sarjono, M.Si
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:36
Last Modified: 22 Aug 2016 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21724

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum