KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

AISYAH DAMAYANTI, NIM. 12410141 (2016) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12410141_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN SIKAP KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI SMP MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
12410141_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB)

Abstract

AISYAH DAMAYANTI. Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Sikap Kesalehan Sosial Peserta Didik di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang dari penelitian ini adalah idealnya usaha pembelajaran PAI di sekolah diharapkan agar mampu membentuk kesalehan pribadi dan sekaligus kesalehan sosial peserta didik. Namun kenyataannya ada peserta didik yang kesalehan sosialnya masih kurang. Padahal Guru PAI telah mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengkontekskan norma-norma agama agar mudah dihayati peserta didik sebagai nilai yang hidup dalam keseharian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas Guru PAI dalam membangun sikap kesalehan sosial peserta didik dan bagaimana hasil yang dicapai dari implementasi kreativitas Guru PAI kaitannya dalam membangun sikap kesalehan sosial peserta didik di SMP MBS Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan sumber data Guru PAI dan peserta didik SMP MBS Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipant, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data yang dilakukan secara sistematis, kemudian display data berupa uraian deskriptif yang panjang, dan terakhir diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk-bentuk kreativitas Guru PAI dalam membangun sikap kesalehan sosial peserta didik adalah: a) menciptakan lingkungan kelas yang demokratis, b) menggunakan pembelajaran yang kooperatif, c) menggunakan ice breaker sebagai manajemen stress, dan d) mendorong refleksi moral. 2) Hasil yang dicapai dari implementasi kreativitas Guru PAI dalam membangun sikap kesalehan sosial peserta didik adalah meningkatnya a) amalan sosial yang meliputi: tolong-menolong, berjiwa besar/dermawan, empati, dan patuh pada aturan sosial, b) relasi sosial yang meliputi: santun, saling menghormati, dan menjaga persaudaraan, c) kemampuan dalam memecahkan masalah sosial yang meliputi: demokratis dan berani mengambil resiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Suwadi, M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Kesalehan Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Aug 2016 10:39
Last Modified: 22 Aug 2016 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21726

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum